Pemerintah Kelimpungan Tangani Sampah Masjid Al Jabbar

Pengunjung kurang bisa menjaga kebersihan masjid

Bandung, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat (Jabar) kelimpungan menangani sampah di Masjid Al Jabbar. Petugas kebersihan yang diterjunkan belum bisa maksimal dalam membersihkan tumpukan sampah di masjid milik Pemprov Jabar ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar, Prima Mayaningtyas mengatakan, total sampah yang dihasilkan dari pertama peresmian hingga saat ini sudah mencapai 98 ton. Dalam penanganan, DLH Jabar sudah melibatkan semua OPD dan masyarakat.

"Tapi yang namanya masyarakat. Padahal saya sudah berulang kali, teman-teman penyuluhan lingkungan, itu selalu memberikan penyuluhan, dan pemberitahuan kepada masyarakat. Tapi tetap masyarakat masih banyak yang belum sadar," ujar Prima saat dihubungi, Rabu (8/2/2023).

1. DLH akan membuat evaluasi bersama OPD lain

Pemerintah Kelimpungan Tangani Sampah Masjid Al JabbarMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya masalah sampa memang akan selalu ada, meski upaya pencegahan tetap harus dilakukan secara maksimal. Sehingga, para penyuluh dari DLH Jabar turut diterjunkan dan menggandeng Bank Sampah Kota Bandung.

"Tapi memang ini akan menjadi evaluasi untuk kami perbaiki di mass mendatang. Jadi kami akan upayakan terus seperti pengelolaan dengan baik dan kita juga membutuhkan kerja sama dari masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan di Al Jabbar itu sendiri," ungkapnya.

2. Penanganan sampah bisa maksimal jika sudah ada pengurus tetap

Pemerintah Kelimpungan Tangani Sampah Masjid Al JabbarMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Saat ini, DLH Jabar sendiri belum mendapatkan keputusan pasti untuk pengelolaan sampah di Masjid Al Jabbar. Ia memastikan, jika sudah ada pengurus tetap maka masalah sampah akan tertangani dengan maksimal.

"Nah selanjutnya nanti kalau sudah ada pengurus yang tetap, maka pengelola ini nanti bisa bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengatasi masalah sampah ini," ucapnya.

3. Ada 200 petugas kebersihan yang berjaga di lokasi

Pemerintah Kelimpungan Tangani Sampah Masjid Al JabbarMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Tanggung Jawab penanganan sampah Masjid Al Jabar sendiri tidak hanya dari DLH Jabar. Prima mengatakan, ada beberapa OPD yang turut berperan dalam membersihkan sampah dari para pengunjung, salah satunya DBMPR Jabar.

Untuk petugas kebersihan, berdasarkan data yang diterimanya, ada sebanyak 200 petugas lebih. Semua petugas itu sudah diberikan tugas masing-masing.

"Jadi yang didalam sekitar 100 orang. Tapi idealnya bahkan sampai 300-an orang dengan mengingat luasnya itu. Tapi kalau dari personel (kebersihan) saya targetkan sekitar 200 orang," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Peresmian Museum Masjid Al Jabbar Molor di Ramadan

Baca Juga: Masjid Al Jabbar  Dibongkar, Ini Jawaban Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya