Okupansi Hotel di Jabar Selama Libur Lebaran 2023 Capai 89 Persen 

Kunjungan wisatawan mulai merata tidak hanya di satu tempat

Bandung, IDN Times - Kunjungan wisatawan di wilayah Jawa Barat (Jabar) mengalami peningkatan selama libur lebaran 2023. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya okupansi hotel mencapai 89 persen.

"Di Jabar sendiri untuk okupansi hotel itu rata-rata kurang lebih 89 persen dan itu full. Bahkan di 27 kabupaten kota itu ada yang mencapai 100 persen," ujar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Provinsi Jabar, Benny Bachtiar, Rabu (26/4/2023).

1. Disparbud Jabar masih melakukan pendataan

Okupansi Hotel di Jabar Selama Libur Lebaran 2023 Capai 89 Persen Ilustrasi kamar hotel (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Meski begitu, Disparbud saat ini masih melakukan pendataan lebih mendalam soal total kunjungan wisatawan selama libur lebaran. Namun, berdasarkan pemantauannya, peningkatan kunjungan di beberapa objek wisata mencapai 50 persen dibandingkan tahun lalu.

"Sementara untuk kunjungan wisatawan, ini belum terhitung. Tapi ada beberapa destinasi wisata yang saya monitoring langsung seperti di Kabupaten Sumedang, Majalengka, Kuningan, itu rata-rata peningkatannya di atas 50 persen," ungkapnya.

2. Peningkatan terjadi karena pandemik menurun

Okupansi Hotel di Jabar Selama Libur Lebaran 2023 Capai 89 Persen Suasana Puncak Bogor. (IDN Times/Sunariyah)

Selain itu, berdasarkan pantauan di lapangan, Benny mengungkapkan, sebaran wisatawan kini mulai merata, tidak hanya di beberapa wilayah saja. Hal ini dikarenakan kondisi pandemik COVID-19 yang mulai menurun, sehingga animo masyarakat dalam berwisata meningkat.

"Mereka tiga tahun kemarin tidak bisa ke mana-mana karena kondisi pandemi. Tapi hari ini adalah momentumnya luar biasa. Sebagai contoh di Pemandian Cibulan, itu dari kapasitas 2.000 itu bisa mencapai 4.000 orang. Jadi ada kenaikan sekitar 100 persen," katanya.

3. Wisatawan terus ramai sampai akhir pekan

Okupansi Hotel di Jabar Selama Libur Lebaran 2023 Capai 89 Persen Pantai Timur Pangandaran (instagram.com/fiitz_13)

Kendati demikian, objek wisata di wilayah Bandung Raya dan Bogor Raya beberapa hari kemarin masih menjadi destinasi favorit wisatawan.

Hanya saja, tahun ini wisata di wilayah Cirebon mengalami kenaikan kunjungan yang signifikan.

"Yang pasti Bandung raya, Bogor raya, itu sudah sangat jelas tinggi. Tapi ini yang luar biasanya justru di Cirebon Raya itu sangat signifikan peningkatannya dibandingkan dengan tahun kemarin," katanya.

Ramainya wisatawan ini diprediksi akan terjadi hingga akhir pekan ini, sebab bersamaan dengan liburnya siswa sekolah. Adapun untuk cuti bersama Idul Fitri 2023 sendiri saat ini telah selesai.

"Ini akan terus terjadi sampai akhir Minggu ini. Jadi ini kemungkinan sampai tanggal 1 Mei akan terus ramai dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan," kata Benny.

Baca Juga: Ketua DPW PKB Jabar Siap Lahir Batin Maju Pilgub Jabar 2024

Baca Juga: Libur Lebaran 2023, Ragunan Tiadakan Hari Libur Satwa 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya