Masjid Rancangan Ridwan Kamil di Gaza Mulai Berdiri, Ini Reaksi Warga

Saat ini proggres pembangunan masjid sudah 80 persen

Bandung, IDN Times - Masjid rancangan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil di Gaza, Palestina, mulai berdiri. Proses pembangunan masjid yang diberi nama Syaikh Ajilin in sudah mencapai 80 persen.

Berdirinya masjid itu mulai direspons oleh warga setempat dan diunggah melalui media sosial terutama Instagram. Salah satunya oleh akun @sheraze_aliya_gaza yang mengunggah positingan video dengan memperlihatkan progres pembangunan masjid itu.

"The work of the new Masjid is progressing well, its a gift from Indonesia to Gaza. The architect is the governor of Java @ridwankamil, shukran to Indonesia" tulisnya di akun Instagram, Rabu (9/2/2022).

1. Postingan Sheraze Aliya Gaza disukai banyak warganet

Masjid Rancangan Ridwan Kamil di Gaza Mulai Berdiri, Ini Reaksi Warga

Masjid yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Aman Palestin Indonesia bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (7/4/2021) lalu itu turut membuat kagum Sheraze Aliya Gaza. Bahkan, postingannya disukai lebih dari 5 ribu orang dan direspons oleh pengikut dari Indonesia.

Untuk diketahui, keberadaan Masjid Syaikh Ajilin merupakan hal yang sangat berharga bagi warga Gaza, setelah masjid sebelumnya hancur karena serangan tentara Israel pada 2014 lalu.

2. Ridwan Kamil mengaku sempat kesulitan membuat desain Masjid Syaikh Ajilin

Masjid Rancangan Ridwan Kamil di Gaza Mulai Berdiri, Ini Reaksi WargaIDN Times

Saat peletakan batu pertama, Ridwan Kamil mengatakan, ia menjadi arsitek pembangunan masjid atas permintaan lembaga Aman Palestin. Adapun dalam perjalanannya merancang masjid itu, Emil merasakan beberapa hal yang tidak biasa.

"Kalau saya mendesain masjid di Indonesia problemnya sedikit. Tapi di sana (Palestina) itu luar biasa. Saya punya kesaksian, barang siapa memulai membangun masjid mau cepat atau lambat Insya Allah semuanya selesai," ujar Emil pada Rabu (7/4/2021).

3. Simbol di bangunan masjid sesuai keinginan warga Gaza

Masjid Rancangan Ridwan Kamil di Gaza Mulai Berdiri, Ini Reaksi WargaANTARA/Chairul Rohman

Ia menjelaskan masjid yang dirancangnya menyimbolkan kemajuan pada zaman sekarang sesuai keinginan masyarakat setempat dan penggagas. Emil kemudian menyimbolisasikan nilai-nilai Islam ke dalam geometri yang terdiri dari tiga titik.

"Struktur tertinggi di tengah yaitu habluminallah. Sementara di kiri dan kanan ada hablumminannas dan hablumminalalam. Maknanya kehidupan manusia harus seimbang dalam hubungan kepada Allah, sesama manusia, dan alam," ungkapnya.

4. Ridwan Kamil sebut sebuah kehormatan bisa mendesain Syaikh Ajilin

Masjid Rancangan Ridwan Kamil di Gaza Mulai Berdiri, Ini Reaksi WargaRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kemudian, dalam mendesain Masjid Syaikh Ajilin, Emil memberikan empat pilihan gambar yang kemudian dipilih masyarakat setempat. Dan akhirnya, ditemukan satu gambar yang sesuai dengan warga Gaza, Palestina.

"Tentulah itu adalah sebuah kehormatan, masyarakat Indonesia selalu mencintai Palestina. Kita akan selalu berada di belakang mereka. Saya menggunakan imajinasi untuk mendesain masjid ini agar kita bisa mengembalikan kebanggaan Palestina," katanya.

Baca Juga: Masjid Desain Ridwan Kamil di Palestina Mulai Dibangun

Baca Juga: Kasus COVID Melonjak, Pemkot Depok 'Dicolek' Jokowi dan Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya