Lima Daerah di Jawa Barat Jadi Percontohan Penanganan TBC

Penanganan TBC harus tuntas hingga enam bulan

Bandung, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menuntaskan penanganan kasus Tuberkulosis (TBC). Persoalan penanganan dinilai masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Imran Pambudi mengatakan, beberapa capaian penanganan TBC di Jawa Barat pada dasarnya sudah cukup baik. Namun, menurutnya, ada beberapa PR yang masih belum terselesaikan.

"Jabar itu cukup bagus dalam hal programnya, penemuan kasus, mulai pengobatan. Untuk penemuan kasusnya sudah diatas 100 persen, tetapi PR besarnya di bagaimana yang sudah diobati sampai selesai pengobatan," ujar Imran di Bandung, Rabu (21/2/2024).

1. Penanganan TBC jangan mandek di dua bulan

Lima Daerah di Jawa Barat Jadi Percontohan Penanganan TBC(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Penanganan satu orang pasien TBC ini tidak bisa dilakukan hanya dalam satu atau dua bulan. Imran mengungkapkan, penanganan penyakit Tuberkulosis itu seharusnya dilakukan hingga enam bulan.

"Pengobatan TBC itu enam bulan, ini yang mungkin ada yang terputus, jadi ini harus butuh perhatian. Tapi secara keseluruhan, Jabar dua tahun ini sudah sangat bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

2. Pengobatan TBC mencapai jutaan rupiah

Lima Daerah di Jawa Barat Jadi Percontohan Penanganan TBC(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Jumlah kasus TBC di Jawa Barat pada tahun 2023 sendiri mencapai kurang lebih mencapai 160 ribu, biaya pengobatan satu paketnya sendiri bisa mencapai jutaan. Sehingga, Imran menegaskan, persoalan itu juga harus turut diperhatikan.

"Satu paket pengobatan itu bisa mencapai beberapa juta. Untuk obat saja itu Rp3,2 juta per orangan, kemudian untuk Laboratorium itu sekitar Rp3,2 jutaan. Jadi itu baru biaya pengobatan belum termasuk beban sosial," katanya.

3. Penanganan TBC harus berkolaborasi

Lima Daerah di Jawa Barat Jadi Percontohan Penanganan TBC(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Di tempat yang sama, Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar Dodo Suhendar mengatakan, ada lima daerah yang memiliki kasus TBC tinggi di Jawa Barat. Adapun kelima daerah itu akan mendapat perhatian serius.

Perhatian lebih yang diberikan di lima daerah itu berupa pengawalan program USAID Bebas TB melalui TBC Nasional Indonesia dari Kemenkes.

"Program itu akan diterapkan di lima daerah dengan kasus TBC tertinggi di Jawa Barat. Ada di Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Bandung," ujar Dodo.

Dia menilai, penanganan TBC harus dilakukan dengan kolaborasi berbagai pihak dan OPD yang ada di Jawa Barat. Pasalnya, dampak dari TBC sendiri bisa ke beberapa aspek.

"Selama ini TBC dianggap ranahnya kesehatan, padahal dari masalah tadi informasi edukasinya, rumah layak huni, pemberdayaan sosial, jadi terlibat semua dan perlu kolaborasi," kata dia.

Baca Juga: 43 Anak-Anak di Kecamatan Tabanan Menderita TBC

Baca Juga: Puluhan Petugas Pemilu 2024 di Jawa Barat Wafat Saat Pencoblosan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya