Comscore Tracker

Kejar Target Akhir Tahun, 3 Juta Santri se-Jawa Barat Mulai Divaksin

Jabar harus selesaikan 70 persen vaksin dari jumlah penduduk

Bandung, IDN Times - Sebanyak tiga juta santri dari pondok pesantren di Jawa Barat (Jabar) mulai diberikan suntikan vaksin. Selain santri, tokoh kiai, dan ustaz di lingkungan pondok pesantren juga turut diberikan dosis vaksin untuk memperkuat kekebalan kelompok atau herd immunity.

Ridwan Kamil alias Emil, Gubernur Jabar mengatakan, program vaksinasi di lingkungan pondok pesantren sudah direncanakan sejak Juli 2021. Bahkan, beberapa pondok pesantren dijadikan sentra vaksinasi.

"Vaksinasi santri (tiga juta) mulai dilakukan bersama Menteri Agama (Menag), kemarin kick off vaksinasi di pesantren-pesantren se-Jawa Barat. Semoga para santri dan para Kiai semua terlindungi. Aamiin," ujar Emil melalui ciutan akun Twitter-nya, dikutip pada Senin (16/8/2021).

1. Rencana vaksinasi pondok pesantren sudah dilakukan sejak akhir Juli 2021

Kejar Target Akhir Tahun, 3 Juta Santri se-Jawa Barat Mulai DivaksinRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sentra vaksin dibangun untuk mencapai kekebalan kelompok sampai 70 persen dari jumlah penduduk di Jabar. Emil meminta pondok pesantren dan sekolah dijadikan sentra vaksinasi karena memiliki kapasitas tempat yang memadai.

"Mulai bulan Agustus sudah kami siapkan sekolah dan pondok pesantren yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat vaksinasi," ujarnya, Minggu (25/7/2021).

2. Pondok pesantren dan sekolah dijadikan sentra vaksinasi karena memiliki tempat yang luas

Kejar Target Akhir Tahun, 3 Juta Santri se-Jawa Barat Mulai Divaksin ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sekolah dan pondok pesantren dinilainya lebih efektif mempercepat target vaksinasi Jabar. "Kalau di tempat pesantren dan sekolahnya ada tempat yang memadai untuk sentra vaksinasi itu bisa dilakukan dan ujungnya juga kan untuk mengurangi kematian," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia meminta ulama se-Jabar untuk membantu percepatan vaksinasi dengan memberikan sosialisasi dan edukasi vaksin yang benar. "Mari kita bersama-sama perkuat herd immunity," katanya.

3. Sentra vaksinasi ada juga di Karawang dan Bekasi

Kejar Target Akhir Tahun, 3 Juta Santri se-Jawa Barat Mulai DivaksinIlustrasi Vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain pondok pesantren, Pemprov Jabar melalui BPBD membuat sentra vaksinasi di Kabupaten Karawang dan Bekasi. Untuk sentra vaksinasi di Karawang berlangsung selama 56 hari, dari 24 Juli-17 September 2021, dengan target sasaran mencapai 56.000 orang. Diperkirakan ada sekitar 112.000 dosis vaksin di sentra vaksin itu, di mana masyarakat dapat mendaftar melalui http://vaksinasik.id.

Sedangkan Sentra Vaksinasi BPBD Jabar di Kabupaten Bekasi beroperasi pada 26 Juli-18 Agustus 2021 untuk tahap pertama. Sementara tahap kedua berlangsung pada 23 Agustus-13 September 2021. Target penyuntikan vaksin di setiap tahap sebanyak 56.000 dosis. Masyarakat yang akan mengikuti dan memilih sesi vaksinasi bisa mendaftar melalui website bit.ly/bersamakitavaksinasi.

Baca Juga: Sekolah dan Pondok Pesantren di Jabar Akan Jadi Sentra Vaksinasi 

Baca Juga: DPRD Sesalkan Vaksinasi Pondok Pesantren di Jabar Masih Rendah

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya