Comscore Tracker

Jelang Ramadan 2020, Harga Gula Putih Merangkak Naik

Disdagin pastikan harga kembali normal sebelum Ramadan

Bandung, IDN Times - Jelang bulan puasa yang jatuh kurang dari satu bulan lagi, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung memastikan stok kebutuhan pokok dalam batas aman. Pasokan bahan pokok diklaim tak akan mengalami kendala hingga perayaan Idul Fitri.

"Inysa Allah, sampai lebaran Idul Fitri stok kebutuhan pokok di Kota Bandung dalam kondisi aman dan tersedia," ujar Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliyah, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Jumat (3/4).

1. Stok gula pasir belum optimal

Jelang Ramadan 2020, Harga Gula Putih Merangkak Naik(Ilustrasi Gula Pasir)

Meski seluruh stok bahan pokok Kota Bandung dalam keadaan aman untuk ramadan sampai Idul Fitri 2020, Elly mengaku ada satu item komoditas bahan pokok yang belum berada di batas aman, yakni gula putih.

"Semuanya sudah aman bahan pokok, hanya satu gula putih yang belum optimal," ungkapnya.

2. Masyarakat diminta tidak panik

Jelang Ramadan 2020, Harga Gula Putih Merangkak NaikIDN Times/Azzis Zulkhairil

Meski stok gula putih tergolong belum aman, Elly menuturkan, masyarakat tidak perlu panik akan hal tersebut. Ia memastikan dalam waktu dekat Kota Bandung dan sekitarnya diperkirakan mendapat pasokan dari Bulog Bandung Raya sebesar 600 ton gula putih. Maka itu, ia berharap masyarakat bersabar dengan kondisi mahalnya gula putih saat ini.

"Sebentar lagi masuk 600 ton ke Bulog Bandung. Minggu ini masuk, sehingga menjelang ramadan harga gula putih sudah normal kembali sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yaitu Rp12.500 per kilo. Mudah-mudahan masyarakat tidak lagi kesulitan," tuturnya.

3. Harga selain gula pasir diklaim stabil

Jelang Ramadan 2020, Harga Gula Putih Merangkak NaikDok.IDN Times/Istimewa

Sedangkan, untuk beberapa harga pasar selain gula pasir, Elly menyebut, terpantau stabil dan belum diketahui ada lonjakan. Ia mengatakan, harga gula putih di pasaran saat ini sudah hampir melebihi HET, namun ia yakin harga tersebut akan turun selama ramadan.

"Harga barang jualan di pasar yang lain tidak ada yang bergejolak, kecuali gula putih yang di pasar sudah berada di kisaran Rp17-18 ribu per kilo. Kalau di ritel masih seusai HET," katanya.

4. Pemerintah belum pastikan tanggal pasti awal ramadan

Jelang Ramadan 2020, Harga Gula Putih Merangkak NaikNu Online

Sebagaimana diketahui, sejauh ini pemerintah belum mengumumkan tanggal satu Ramadan 1441 Hijrah jatuh kapan. Selain pemerintah, Organisasi Islam seperti Nahdatul Ulama (NU) juga belum mengumumkan hal tersebut.

Kemudian, Muhammadiyah yang biasanya mengumumkan lebih dahulu untuk penetapan satu Ramadan, sampai saat ini juga belum mengumumkan.

Namun dipastikan bulan puasa 2020 akan dilaksanakan pada bulan April hingga Maret.

Baca Juga: Jenazah COVID-19 Ditolak, Pemkot Bandung Sediakan Pemakaman Khusus

Baca Juga: Lockdown Masih Ditimbang, Pemkot Bandung Pilih Tutup Jalan Utama

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya