Dishub Jabar Bakal Siapkan Mudik Gratis Libur Lebaran 2023 

Dishub Jabar siapkan dua metode mudik gratis 2023

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) tengah mempersiapkan mudik gratis untuk libur lebaran 2023. Dishub bakal berkolaborasi dengan beberapa pihak dalam program ini.

"Tahun ini mudik gratis dilakukan dengan kolaborasi bersama BUMN dan beberapa instansi swasta lainya. Adapun detail pelaksanaan mudik gratis akan segera diinformasikan," ujar Kepala Dishub Jabar, A. Koswara, Senin (20/3/2023).

1. Dishub Jabar berkolaborasi dengan berbagai pihak

Dishub Jabar Bakal Siapkan Mudik Gratis Libur Lebaran 2023 Ilustrasi program mudik gratis. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Koswara menjelaskan, konsep mudik gratis tahun ini ada dua langkah. Pertama Dishub Jabar akan menyediakan beberapa unit bus untuk tujuan jarak jauh dengan waktu keberangkatan yang ditentukan. Hal ini dirasakannya akan bisa menampung pemudik di luar wilayah Jabar.

"Kedua Dishub Jabar akan menyediakan tiket gratis pada beberapa trayek, jadwalnya mengikuti layanan eksisting," ucapnya.

2. Jogja dan Solo menjadi tempat favorit libur mudik

Dishub Jabar Bakal Siapkan Mudik Gratis Libur Lebaran 2023 Ilustrasi arus mudik di jalan tol (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Meski begitu, penyelenggaraan mudik gratis di seluruh Provinsi Jawa Barat sedang diinventarisasi untuk nantinya dapat dilakukan dukungan seprti ramp check untuk memastikan keselamatan penumpang.

"Ada beberapa rute favorit, diantaranya Jogja dan Solo, adapun jumlah armada akan diinformasikan lebih lanjut. Untuk prsyaratan, dapat disiapkan identitas pribadinya," katanya.

3. Pemantauan bakal dilakukan di semua jalur mudik

Dishub Jabar Bakal Siapkan Mudik Gratis Libur Lebaran 2023 Ilustrasi arus balik (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dishub juga memperhatikan beberapa jalur yang nantinya akan dipenuhi kendaraan pemudik. Seperti, Jalur Pantura dan Jalur Selatan Jabar yang terkadang terdapat pasar tumpah.

"Jalur Utara sepanjang Jalur Pantura (Bekasi - Karawang - Cirebon) dilakukan pemantauan aktifitas pasar tumpah, perbaikan jalann di beberapa titik, terutama antisipasi apabila di jalan tol dilakukan kebinakan one way atau contra flow," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Mulai Persiapkan Infrastruktur Mudik Lebaran 2023 

Baca Juga: Hyundai Tawarkan Mudik Lebaran 2023 Gratis Naik Stargazer!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya