Comscore Tracker

Disebut Sesat oleh MUI, Pusdiklat Da'i Digeruduk Warga

Warga sempat membuat kerumunan saat menggrebek

Bandung, IDN Times - Video warga menggruduk sebuah tempat Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Da'i di Kelurahan Cijawura, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung pada Rabu (23/6/2021) malam, viral di media sosial Instagram

Berdasarkan video yang dilihat IDN Times melalui akun Instagram @dapat_ccan, kurang lebih puluhan warga dengan sebagian menggunakan kopiah terlihat berkerumun. Aparat kewilayahan terlihat mencoba membubarkan kerumunan masa itu dengan pengeras suara. Adapaun video itu hanya berdurasi 0:12 detik.

1. Dianggap sesat, tapi fatwanya belum keluar

Disebut Sesat oleh MUI, Pusdiklat Da'i Digeruduk WargaTangkap Layar Instagram @Dapat_ccan (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Camat Buahbatu, Edi Juhendi membenarkan apa yang terjadi dalam video itu. Ia mengatakan, Pusdiklat Da'i dinyatakan sebagai ajaran sesat oleh MUI. Meskipun demikian, sebenarnya belum keluar fatwa secara resmi terkait itu.

"Iya, sudah (ucapan sesat) tapi fatwanya belum. Jadi kemarin berdasarkan hasil pertemuan kita dengan MUI. Sesat," ujarnya, Kamis (24/6/2021).

2. Pimpinan Pusdiklat Da'i katanya mengaku rasul

Disebut Sesat oleh MUI, Pusdiklat Da'i Digeruduk Wargabersamadakwah.net

Dalam pertemuan dengan MUI, Edi bilang, pimpinan lembaga sudah mengaku sebagai rasul. Kemudian, terdapat perbedaan dalam pelaksanaan ibadah yang dilakukan oleh aliran itu.

"Kemarin kita sudah berkumpul juga dengan MUI kecamatan, ya pada prinsipnya mah boleh dikatakan menyimpang katanya," katanya.

3. Camat sudah meminta polisi mengamankan pimpinan Pusdiklat

Disebut Sesat oleh MUI, Pusdiklat Da'i Digeruduk WargaIlustrasi aliran sesat. Kabarkampus.com

Untuk melerai adanya ketegangan antar warga dan pengurus Pusdiklat Da'i, Edi meminta polisi mengamankan terlebih dahulu ketuanya. Sebab, jika tidak diamankan, warga akan terus mendatangi Pusdiklat Da'i.

"Karena khawatir ada kejadian yang tidak diinginkan akhirnya diamankan dan dibawa oleh Polrestabes. Insya Allah sampai hari ini (kondusif) kita juga menjaga-jaga ploting, tapi aman lah," kata dia.

Baca Juga: Dikira Sempalan Syiah dan Ajaran Sesat, Ini 5 Fakta Agama Baha’i

Baca Juga: Skenario Sesat Ustaz Adam Kelabui Warga Depok dengan Isu Babi Ngepet

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya