Comscore Tracker

Banyak Kasus OTG COVID-19, Oded Minta Warga Waspada Klaster Keluarga

Camat harus sigap menangani warga yang dinyatakan positif

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta masyarakat tetap waspada terhadap penularan virus corona yang masih terjadi hingga saat ini. Terutama, kasus pasien positif COVID-19 yang tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG). 

Oded menyebutkan, kasus pasien OTG sangat rawan menambah penularan menjadi klaster keluarga yang sudah banyak terjadi di berbagai daerah. Karena itu, Oded berharap, masyarakat tetap waspada terhadap penularan virus corona.

"Corona masih ada. Jangan lengah," kata Oded di Pendopo, Senin(21/9/2020).

1. Wali Kota sempat mendapatkan laporan ada warga kebingungan ioslasi mandiri

Banyak Kasus OTG COVID-19, Oded Minta Warga Waspada Klaster KeluargaIDN Times/Azzis Zulkhairil

Oded menuturkan, beberapa waktu lalu ia sempat mendapatkan kabar langsung dari warga terkait ada satu anggota keluarga yang dinyanyikan positif corona, keluarga tersebut kebingungan lantaran penanganan masih belum difahami.

"Ada satu rumah di Re 7 di Kelurahan Sukaraja ada satu orang terpapar dan mereka meminta bahwa ingin ada penanganan, saya langsung koordinasi dengan camat dan lurah langsung ditangani mereka bahkan dilakukan swab dan diisolasi dan keluarhannya di swab," ungkapnya.

2. Pemkot akan galakan Swab test pada masyarakat

Banyak Kasus OTG COVID-19, Oded Minta Warga Waspada Klaster Keluarga

Ia mengungkapkan, Swab test di Kota Bandung masih dilakukan secara masif agar dapat mengetahui apakah banyak kasus di Kota Bandung positif dengan gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG). Selain itu, tes dilakukan agar mengetahui wilayah penyebaran virus corona itu sendiri.

"Fungsi tes untuk tahu maping ketika ada postif ini ditangani dan diisolasi, bukan hanya di lingkungan PNS semuanya di Sukaraja ada langsung ditangani. Masyarakat mau Swab gak punya duit di Dinkes ada Swab kita upayakan," tuturnya.

3. Oded belum dapat kabar terbaru hasil Swab test pada 3.100 pegawai Pemkot Bandung

Banyak Kasus OTG COVID-19, Oded Minta Warga Waspada Klaster Keluarga(Oded M. Danial saat ditanya KPK di Sahabara Kota Bandung) IDN Times

Disinggung soal update hasil Swab test 3.100 pegawai di lingkungan Pemkot Bandung, Oded mengaku belum mengetahui informasi terbaru. Menurutnya, dalam waktu dekat hasil dari ribuan pegawai yang telah jalani tes akan diumumkan.

"Belum dapat laporan. Ada yang kena langsung ditangani karena OTG alhamdulillah tidak lama lama seminggu dites lagi selesai," jelasnya.

4. Oded sarankan masyarakat bisa langsung lapor pada pihak kecamatan jika ada yang dinyatakan positif virus corona

Banyak Kasus OTG COVID-19, Oded Minta Warga Waspada Klaster Keluarga(Oded M. Danial saat ditanya KPK di Sahabara Kota Bandung) IDN Times

Untuk masyarakat yang dinyatakan positif corona, Oded meminta terbuka dan langsung meminta penanganan ke puskesmas atau aprat ke wilayahan. Jika kondisi rumah tidak pas untuk isolasi mandiri, Oded meminta aparat kewilayahan segera melakukan koordinasi penanganan.

"Kalau di rumah fasilitas tidak mendukung, saya anjurkan di isolasi. Bandung isolasi di RSKIA dan beberapa isolasi. RSKIA belum penuh," kata dia.

Baca Juga: Banyak Warga Tak Disiplin, Pemkot Ancam Tutup Jalan Dipatiukur Bandung

Baca Juga: Pengamat: 2 Tahun di Tangan Oded-Yana Pembangunan Bandung Terlalu Slow

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya