Bacaleg DPD PDIP Jabar Jalan Kaki Daftarkan Diri ke KPU Jabar 

DPD PDIP Jabar juga membawa kesenian Sunda di KPU Jabar

Bandung, IDN Times - Bakal calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jabar berjalan kaki mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar di Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (11/5/2023).

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan, PDIP datang kurang lebih pada pukul 09:40 WIB. Mereka datang dengan dengan berjalan kaki dari kantor DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung. Mereka juga langsung disambut oleh jajaran KPU Jabar dan didampingi Bawaslu Jabar.

"PDIP mengangkat tema gelora kebangsaan Indonesia berkepribadian dalam kebudayaan kami berjalan kaki jaraknya tidak jauh tidak lebih satu kilo, kami masih kuat dan kami diiringi kesenian Sunda yaitu rampak kendang. Ini wujud budaya Indonesia budaya Sunda," ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono.

1. PDIP Jabar siapkan 120 bacaleg DPRD Jabar

Bacaleg DPD PDIP Jabar Jalan Kaki Daftarkan Diri ke KPU Jabar Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

DPD PDIP Jabar menyerahkan 120 nama bacaleg sesuai dengan aturan KPU. Keterwakilan 30 persen perempuan juga turut terpenuhi. Ono mengatakan, saat ini ratusan nama yang diserahkan masih sebagai bakal calon. Artinya, PDIP masih menunggu untuk penetapan calon tetap dari KPU.

"Kami siapkan 120 orang bakal calon terdiri dari 77 laki-laki dan 43 perempuan, di mana kami telah memenuhi kuota perempuan lebih dari 30 persen. PDIP perjuangan bakal betul mengikuti arahan KPU. Kami ucapkan terima kasih hatur nuhun," ungkapnya.

2. Target menjadi pemenang Pileg 2024

Bacaleg DPD PDIP Jabar Jalan Kaki Daftarkan Diri ke KPU Jabar Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ono menargetkan, PDIP Jabar bisa mendulang kesuksesan pada Pileg 2019, di mana raihan kursi bisa mencapai 20. Sehingga, pada Pileg kali ini PDIP Jabar diharapkannya bisa menang kembali.

"(Target) Sebanyak-banyaknya. Jadi partai pemenang lagi. Pokoknya target PDI Perjuangan menang di Jabar," ucapnya.

PDIP Jabar sendiri memiliki beberapa daerah yang menjadi kantong suara. Salah satunya dapil Jabar 3 yaitu, Kabupaten Sumedang, Subang dan Majalengka.

"Saya karena nyalon di provinsi berarti Jabar 12. Yang lainnya jadi kantong suara juga. Intinya kami menang di 18 kabupaten/kota," kata dia.

3. Wajah baru ada dari budayawan, santri dan atlet

Bacaleg DPD PDIP Jabar Jalan Kaki Daftarkan Diri ke KPU Jabar Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Soal komposisi wajah lama dan wajah baru, Ono menjelaskan, ada beberapa wajah beberapa bacaleg yang baru. Latar belakang para bacaleg juga beraneka ragam, mulai dari budayawan hingga artis.

"Wajah lama dari 20 kursi yang lalu yang dicalonkan ada 16 dan empat sisanya ke DPR RI. Lalu wajah baru dari istri kepala daerah, artis, ulama, santri, atlet, ibu rumah tangga juga ada. Jadi semua segmen ada," kata dia.

Baca Juga: Pakai Batik Coklat, Jihan Fahira Daftar DPD RI Dapil Jabar ke KPU

Baca Juga: Pileg 2024: KPU Jabar Sudah Tetapkan 55 Bakal Calon DPD RI

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya