Ada Cacing Pita di Lima Ekor Sapi Kurban Rumah Potong Ciroyom

Cacing ditemukan di bagian hati

Bandung, IDN Times - Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom, Kota Bandung, menemukan cacing pita pada sapi kurban. Cacing pita ditemukan usai petugas melakukan pemeriksaan selepas penyembelihan.

Kepala UPT RPH Ciroyom, Endang Priyatna mengatakan, cacing pita ini ditemukan pada organ dalam tepatnya di bagian hati sapi kurban. Petugas langsung memberikan tindakan berdasarkan aturan pemotongan hewan kurban.

"Cacing hati ditemukan lima ekor sapi. Yang terkena atau terdampak sangat besar, kami lakukan afkir semuanya," ujar Endang, Kamis (29/6/2023).

1. Bagian yang terdampak cacing pita harus di-afkir

Ada Cacing Pita di Lima Ekor Sapi Kurban Rumah Potong Ciroyomilustrasi hewan kurban (IDN Times/Aditya Pratama)

Endang menjelaskan, berdasarkan aturan penyembelihan hewan kurban, bagian hati yang ditemukan cacing pita langsung dibuang dan tidak diberikan pada masyarakat. Namun, untuk bagian sapi lainnya seperti daging yang tidak terdampak tetap dibagikan.

"Bagian yang terkena ya dibuang. Kalau hanya beberapa atau sarangnya hanya sedikit. Hanya yang kena saja yang kita afkir," ucapnya.

2. Cacing hati sering ditemukan di sapi lokal

Ada Cacing Pita di Lima Ekor Sapi Kurban Rumah Potong Ciroyomilustrasi Idul Adha (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurutnya, mayoritas hewan kurban seperti sapi yang dipotong di RPH Ciroyom kebanyakan dari lokal, bukan impor. Memang cacing hati sendiri lebih sering ditemui pada sapi lokal, dibandingkan impor.

Endang memastikan, sapi yang telah dipotong di RPH Ciroyom aman untuk dibagikan masyarakat.

"Cacing hati memang sering ditemukan. Terutama sapi lokal. Demi menjaga daging hewan kurban aman dikonsumsi masyarakat, kami menerjunkan tambahan pemeriksaan. Dari tiga orang menjadi enam orang," katanya.

3. Penyakit PMK dan LSD tidak ditemukan

Ada Cacing Pita di Lima Ekor Sapi Kurban Rumah Potong CiroyomIlustrasi/Warga memotong daging kurban (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Terkait hewan yang positif PMK dan cacar sapi atau LSD, Endang mengatakan, RPH Ciroyom belum menemukan kasus itu. Hingga saat ini kasus yang ditemukan baru cacing pita pada hewan kurban sapi.

"Temuan penyakit PMK tidak ada, LSD juga tidak ada. Kan syarat penyembelihan sai dalam keadaan sehat dan cukup umur," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Waspadai Penyakit Antraks pada Hewan Kurban! 

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil Berkurban Sapi Simental Berbobot 980 Kilogram

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya