TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada, Tiga Kabupaten Ini Berpotensi Rawan Longsor Saat Musim Hujan

SAR Bandung siapkan personel hadapi musim penghujan

Satu bangunan rumah jebol tertimpa material longsor di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Bandung, IDN Times - Kantor SAR Bandung mewaspadai sejumlah daerah yang dinilai rawan bencana alam, yaitu longsor. Khususnya pada musim penghujan potensi longsor lebih besar dan bisa membahayakan masyarakat yang berada di kawasan tersebut.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, sudah melakukan pemetaan terhadap daerah rawan bencana yang ada di Jabar. Bahkan, tiga diantaranya merupakan daerah paling berpotensi terjadi longsor.

"Yang berpotensi misalnya ada di Kabupaten Bandung Barat, Garut, dan Sumedang. Tiga daerah ini termasuk rawan longsor. Maka dari itu, daerah tersebut tentunya menjadi fokus perhatian kami bersama instansi lainnya," ucap Deden ditemui di kantornya, Rabu (18/12).

1. Peralatan sudah disiapkan untuk mengantisipasi kejadian tersebut

IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Dede, SAR Bandung sudah menyiapkan sarana dan prasarana guna menanggulangi bencana longsor. Beberapa alat berat excavator disiapkan untuk segera menanggulangi longsor.

"Untuk excavator kita siagakan di kantor. Sehingga bila sewaktu-waktu di daerah mana saja kita siap. Ini untuk mempercepat respons time juga," tuturnya.

2. Sementara di daerah Bandung Raya banjir masih menjadi potensi bencana terbesar

IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu untuk di wilayah perkotaan seperti di Kota Bandung, SAR Bandung mewaspadai adanya banjir bandang. Menurutnya, hal itu akan berdampak pada masyarakat di perkotaan.

"Ya Bandung ini hanya banjir tapi di beberapa titik juga ada longsor. Yang kami khawatirkan adalah dampak dari kemarau yang panjang itu menyebabkan banjir bandang, itu yang kami khawatirkan," kata dia.

Saat ini, SAR Bandung sendiri menyiapkan 80 orang personel. Mereka dibagi ke dalam 5 regu. Namun, jumlah itu juga masih bisa bertambah.

Baca Juga: Longsor di Lembang: Satu Rumah Jebol, Dua Rumah Terancam Ambruk

Baca Juga: Masuk Musim Hujan, Baleendah-Banjaran Kembali Teredam Banjir

Berita Terkini Lainnya