Jawa Barat Juara Umum FORNAS VII/2023

Berhasil kumpulkan sebanyak 464 medali

Bandung, IDN Times - Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) ke VII 2023 sukses digelar dan menetapkan Jawa Barat meraih Peringkat Pertama dengan perolehan medali 169 Emas, 162 Perak dan 133 Perunggu dengan total yang diperoleh 464 medali.

Panitia Pelaksana Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke VII Jawa Barat 2023, Denda Alamsyah mengatakan pihaknya akan mengevaluasi jika ada kekuarangan selama event berlangsung.

"Mari kita jadikan bahan evaluasi untuk perbaikan kedepan, kami sudah mencatat apa saja yang akan yang harus kita perbaiki, terutama terkait dengan pelaksanaan dilapangan, regulasi pertandingan dan lain sebagainya," kata Denda Alamsyah saat Closing Ceremony FORNAS VII Jawa Barat 2023 di Gedung Budaya Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (9/7/2023)

Denda menilai bahwa FORNAS ini diharapkan bisa meningkatkan antusiasme masyarakat untuk menjadikan olah raga sebagai budaya bangsa. Selain itu semoga FORNAS ke VII ini berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

"Dengan selesainya FORNAS ke VII ini, saya juga atas nama panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegiat olah raga yang mengikuti dengan begitu bersemangat dan riang gembira,"ungkapnya.

1. Kabupaten Bandung sukses selenggarakan Fornas

Jawa Barat Juara Umum FORNAS VII/2023IDN Times/Istimewa

Adapun, Ketua Umum KORMI (Komite OlahRaga Masyarakat Indonesia Nasional)
Hayono Isman mengapresiasi Bupati Bandung, Dadang Supriyatna dan istri, yakni Emma Dety Ermanawaty juga selaku Ketua KORMI Kabupaten Bandung sebagai Pasangan Bedas 2023.

Hayono Isman menyinggung bahwa anggaran pelaksanaan FORNAS dari Kabupaten Bandung tidak kalah besar dari anggaran yang diberikan oleh Provinsi untuk mendukung terlaksananya FORNAS ke VII, bahkan baru pertama kali dalam sejarah penyelenggaraan FORNAS ada sebuah kabupaten yang anggarannya sedemikian besar, bahkan menurunkan Extrem Park yang Terbesar se Indonesia.

"Semoga Extrem Park ini selalu digunakan sehingga tidak menjadi tempat tumbuhnya alang-alang, InsyaAllah barokah," katanya.

2. Tak mudah mengangkat olahraga masyarakat

Jawa Barat Juara Umum FORNAS VII/2023IDN Times/Istimewa

Hayono menjelaskan, dengan mengusung tema "Merajut Potensi Olahraga Masyarakat Menuju Sukses Indonesia Bugar 2045", memang tidak mudah mengangkat olah raga masyarakat, apakah itu kelompok olah raga Tradisional dan kreasi budaya, kelompok olah raga kesehatan dan kebugaran, kelompok olah raga petualangan dan tantangan. Pasalnya, relatif masih baru walaupun insan olah raganya sudah cukup lama, meskipun demikian dibutuhkan prestasi yang harus dicetak.

"Alhamdulillah, FORNAS ke VII Jawa Barat 2023 adalah kemenangan bagi olah raga masyarakat untuk bisa berbuat lebih banyak bagi bangsa dan negara,"ujarnya

KORMI harus memiliki produk olah raga karena sebagai wadah harus berhimpun oleh karena itu FORNAS adalah ajang berhimpun bagi Inorga nya untuk bisa menampilkan dirinya secara baik menuju di tingkat nasional seperti FORNAS ke VII Jawa Barat 2023.

"Kita paham dan tidak bisa terlalu berharap dengan anggaran negara dan dari awal kita sudah mandiri. Sejumlah anggaran yakni 64% pegiat olah raga yang hadir di FORNAS VII Jawa Barat 2023 ini datang dengan uang sendiri," ujarnya

Jika bukan karena cinta olah raga, tidak mungkin mereka mau berangkat, jadi memang FORNAS adalah arenanya inorga, lanjut Hayono. Untuk itu, pihaknya mengapresiasi KORMI Jawa Barat sebagai pelaksana FORNAS ke VII telah membuat FORNAS ke VII Jawa Barat ini sebagai arena bertanding inorga.

3. Sebanyak 23.192 pegiat olahraga terlibat dalam Fornas

Jawa Barat Juara Umum FORNAS VII/2023IDN Times/Istimewa

Adapun, jumlah yang hadir selama terselenggaranya FORNAS ke VII Jawa Barat 2023, untuk pertama kalinya dalam sejarah FORNAS melalui sistem informasi FORNAS secara digital tercatat hadir dengan KTP 23.192 pegiat olah raga. Angka ini belum termasuk pendukung dan keluarga, yang jumlahnya sangat besar.

"Itulah wajah dari pada semangat olah raga masyarakat dan juga tentunya promosi dan pelayanan dari propinsi Jawa Barat. Terima kasih juga untuk relawan, dokter, suster yang telah melayani semua permasalahan yang dihadapi oleh para pegiat olah raga. Salam Sehat, Bugar, Gembira," ungkapnya

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Supriyatna tahun 2023 Kabupaten Bandung sudah 2 kali menjadi tuan rumah dalam even besar, pertama City Sanitation Summit atau CSS XXI tahun 2023. Kedua sebagai tuan rumah FORNAS ke VII Jawa Barat 2023.

Kesuksesan dan kelancaran terselenggaranya FORNAS ke VII Jawa Barat 2023 diantaranya, hampir 40.000-an pengunjung selama event berlangsung yang terdiri dari pegiat olah raga, official, supporter, keluarga dan lain-lain hadir di Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini juga berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Berdasarkan laporan Dispora dan Sekda Kabupaten Bandung telah terjadi transaksi senilai Rp150 miliar.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya