Pemprov Jabar Hadirkan Pasar Hutan, Dongkrak Penjualan Petani Milenial

Ridwan Kamil apresiasi Dinas Kehutanan Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menghadirkan Pasar Leuweung (pasar hutan) di event Cycling de Jabar. Pelaksanaan acara ini digelar di dua tempat, antara lain Pantai Ciletuh, Sukabumi, dan Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, 8-9 Juli 2023.

Kepala Dinas Kehutanan, Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana mengatakan, Pasar Leuweung (pasar hutan) merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam mendongkrak penjualan hasil petani milenial dan kelompok tani hutan.

"Selain mendapatkan pembinaan-pembinaan dan proses memanen, ada juga proses produksi untuk dijual. Jadi, jika selama ini proses penjualan itu dilepas begitu saja, untuk kali ini, pemerintah memberikan suatu intensif kepada para petani rimbawan," ujar Dodit, dikutip Senin(10/7/203).

1. Pemprov Jabar berikan fasilitas

Pemprov Jabar Hadirkan Pasar Hutan, Dongkrak Penjualan Petani Milenial(Istimewa)

Dodit menjelaskan, para petani milenial dan kelompok tani turut memamerkan hasil tani pada masyarakat. Pemprov Jabar memberikan fasilitas tidak hanya pelatihan saja, melainkan pemasaran juga turut diberikan.

"Fasilitas ini diberikan agar mereka bisa menjual langsung hasil produksinya di tempat itu juga," katanya.

2. Ridwan Kamil berikan apresiasi

Pemprov Jabar Hadirkan Pasar Hutan, Dongkrak Penjualan Petani Milenial(Istimewa)

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Kepala Dinas Kehutanan melaksanakan penanaman pohon di sekitar alun-alun Paamprokan. Dalam kegiatan itu, turut hadir Bupati Pangandaran Jeje Wirahadikusumah.

Ridwan Kamil juga secara simbolis menyerahkan vegetasi pantai, yang secara simbolis diserahkan kepada Kelompok Masyarakat Konservasi Cinta Bahari, dan Kelompok Masyarakat Pengawas Camar Laut.

3. Ridwan Kamil bantu promosi

Pemprov Jabar Hadirkan Pasar Hutan, Dongkrak Penjualan Petani MilenialGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Jumlah keseluruhan vegetasi pantai yang diserahkan sebanyak 23.500 pohon dengan jenis Cemara Laut, Baringtonia, Ketapang Laut, dan Pandan Laut yang akan di Tanam di Pesisir Pantai Pangandaran.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga sempat menyicipi durian yang dijajakan Kelompok Tani Hutan (KTH) Binaan Dishut Jabar. Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga turut menyicipi sup Jamur produksi petani milenial.

Di siai lain, Ridwan Kamil juga turut mempromosikan madu hutan hasil olahan Petani Milenial Dishut Jabar, secara live online Instagram Petmil. Ridwan Kamil sangat mengapresiasi KTH dan Petmil Dishut yang mampu memanfaatkan hasil hutan nonkayu tersebut.

Baca Juga: Petani Milenial Terlilit Utang, Wagub Uu Justru Minta Petani Bersyukur

Baca Juga: Pemasaran Petani Milenial Diperluas Hingga Mancanegara

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya