TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satgas COVID-19 Rapat Terkait Bandung Jadi Tuan Rumah Turnamen Pramusim 

Persib masuk dalam grup neraka

Dok.IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Kota Bandung akan menjadi salah satu tuan rumah dalam turnamen pramusim yang diselengarakan PSSI. Pertandingan rencananya dimulai pekan pertama Juni 2022.

Ketua Satgas COVID-19 Kota Bandung, Asep Gufron mengatakan, terkait penyelenggaran tersebut Pemkot Bandung belum mendapatkan informasi lebih detail. Rencananya hari ini bakal ada pertemuan antara pemerintah daerah, penyelenggara turnamen, kepolisian, hingga TNI.

"Hari ini akan rapat untuk mensinergikan kegiatan seni budaya di luar ruangan sudah diperbolehkan," kata Asep kepada wartawan, Selasa (31/5/2022).

1. Belum ada aturan resmi untuk kegiatan sepak bola

Retsa Rizaldi

Dia mengatakan, aturan mengenai kegiatan olahraga seperti sepakbola yang bisa menghadirkan banyak penonton belum ada arahan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) dan peraturan wali kota (perwal).

Maka untuk kemungkinan adanya penonton dengan kapasitas tersebut harus dilakukan koordinasi termasuk dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Penggunaan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pun ketika akan digunakan menjadi kandang Persib Bandung harus ada rekomendasi dari dinas tersebut.

"Kalau Dispora merekomendasikan itu dengan acuan maka bisa dilakukan, karena di dalam perwal tidak diatur mengenai olahraga," kata Asep.

Untuk kapasita penonton pun belum bisa dipastikan. Semua ketentuan itu dihabas antara Pemkot Bandung dan penyelenggara yang ujungnya ditentukan komite PSSI.

2. Kemungkinan ada pembatasan penonton

Logo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Liga-Indonesia.id)

Karena Kota Bandung masih masuk level 2 dalam aturan PPKM selama pandemik COVID-19, maka bakal ada pembatasan aktivitas termasuk dalam kegiatan olahraga. Artinya penonton dalam turnamen pramusim yang diselenggarakan di Bandung bisa jadi dibatasi atau bahkan tidak ada sama sekali.

"Tapi kita nanti bahas lebih mendalam tentang kegiatan itu. Apakah ada kemungkinan untuk ada penonton dengan terbatas atau hanya pemain (di stadion)," ujarnya.

Baca Juga: PSSI Usul Turnamen Pramusim 2022 Diberinama Piala Presiden

Berita Terkini Lainnya