TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nadiem Makarim Jadi Menteri Jokowi, Ridwan Kamil: Dia Orang Cerdas

Kecerdasan tidak bisa diukur dari umur

Mendikbudristek Nadiem Makarim (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Bandung, IDN Times - Pemilik Gojek Nadiem Makarim santer disebut akan menjadi menteri dalam kabinet jilid II Joko Widodo (Jokowi). Dia telah datang ke Istana Negara hari ini dan mengatakan kepada media massa mendapatkan tawaran untuk duduk di kursi kementerian.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengapresiasi jika Nadiem dipilih masuk kabinet kerja Jokowi. Nadiem dianggap mewakili generasi millennial. Selain itu dari segi pendidikan pun Nadiem dianggap pintar karena merupakan lulusan Harvard University. Perusahaan Gojek pun saat ini mampu tumbuh pesat sesuai dengan misinya.

"Dan saya kira kecerdasan tidak diukur dari umur, tapi kebermanfaatan. Saya ikut senang," ujar Ridwan Kamil ditemui di Gedung Pakuan, Senin (21/10).

1. Banyak menteri di kabinet sebelumnya merupakan orang profesional

IDN Times/Debbie Sutrisno

Meski tidak pernah bergelut di ranah politik, Emil menyebutkan, Nadiem bisa bekerja dengan baik kalau masuk ke pemerintahan. Terlebih selama ini pun banyak menteri dari orang profesional, bukan kader partai politik.

"Coba dilihat di kabinet sebelumnya apakah ada pengalaman yang relevan dengan kebidangannya? Saya kira ga semua," papar Emil.

2. Berharap kondisi sosial politik bisa lebih adem

ANTARA FOTO/Jojon

Menurut mantan Wali Kota Bandung ini, dalam lima tahun ke belakang pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla sudah baik dalam meningkatkan perekonomian. Namun, yang kurang bisa dijaga adalah persoalan sosial politik. Hal ini membuat pemerintah daerah (pemda) harus bisa menjaga kondusifitas masyarakat.

Gejolak inilah yang diharap bisa diperbaiki dalam lima tahun periode kedua kepemimpinan Jokowi. Jangan sampai ada lagi potensi perpecahan.

"Rekonsiliasi jangan hanya di level atas tapi sampai ke akar rumput. Sehingga kita bisa fokus membangun bersama," kata dia.

Emil pun berharap dalam lima tahun ke depan sejumlah target yang sudah dipersiapkan bisa tercapai.

Baca Juga: Bakal Jadi Menteri, Gojek Umumkan Pengganti Nadiem Makarim

Baca Juga: Diminta Jokowi Jadi Menteri, Mahfud MD: Saya Nyatakan Siap!

Berita Terkini Lainnya