TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Libur Panjang, Polda Jabar Siapkan Skema One Way di Jalur Wisata

Lembang dan Puncak bakal terapkan skema ini

Anggota kepolisian mengatur arus lalu lintas menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bandung, IDN Times - Akhir pekan ini wisatawan diprediksi kembali memadati kawasan wisata dengan adanya libur panjang. Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur wisata, Polda Jabar berencana melakukan skema one way (satu jalur) di kawasan tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya bakal meningkatkan kegiatan patroli ketika libur panjang guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Atas atensi Kapolda, sudah dilakukan persiapan, sudah diberikan atensi kepada seluruh satuan wilayah untuk mempersiapkan kegiatan rutin yang ditingkatkan, polanya dengan melakukan patroli dan melakukan pengecekan terhadap potensi gangugan Kamtibmas," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo melalui keterangannya pada Jumat (13/5/2022).

1. One way di Lembang dan Puncak

Ilustrasi kemacetan di jalur Puncak, Bogor. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Menurutnya, Polda Jabar bakal melakukan sejumlah tindakan yang disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di jalur wisata. Tindakan yang dimaksud berupa pengalihan arus lalu lintas hingga one way di Lembang dan Puncak Bogor.

"Jadi untuk skema arus di Lembang ini kan selalu situasinal, kalau untuk kondisi normal masih dua arah, apabila padat maka akan ada one way dengan waktu sesuai kepadatan," ucap dia.

2. Pengawasan prokes COVID-19 di tempat wisata pun ditingkatkan

Siswa-siswi wajib cuci tangan dan memakai masker dengan benar sebelum mengikuti pembelajaran di KREDIBALI (youtube.com/Jejak Literasi Bali)

Selain melakukan patroli ke titik-titik yang dinilai rawan gangguan Kamtibmas, polisi juga bakal melakukan pengecekan ke tempat wisata untuk dapat memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik. Hal itu dilakukan mengingat situasi pandemi di Jabar yang masih berada dalam Level 2 sebaran corona.

"Tempat wisata juga dicek, dan berkoordinasi untuk tetap berlakukan Prokes, untuk pembatasan karena memang saat ini Level 2, kapasitasnya disesuaikan dengan Level 2," ucap dia.

Sebagaimana diketahui, pekan ini akan terjadi long weekend karena pada tanggal 16 masyarakat libur memperingati Hari Raya Waisak.

Berita Terkini Lainnya