Ada Asia Africa Festival dan Pocari Run, Ini Ruas Jalan yang Ditutup

Jangan sampai terjebak kemacetan ya wargi Bandung

Bandung, IDN Times - Akhir pekan ini Kota Bandung akan diramaikan dengan dua acara besar. Pertama, terdapat kegiatan Asia Africa Festival (AAF) yang diselenggarakan pada Sabtu (29/7/2023). Kegiatan ini bakal berpusat di sekitar Jalan Asia Afrika, tepatnya di depan Gedung Merdeka. Kedua, ada kegiatan Pocari Run Bandung 2023. Event lari tersebut akan berlangsung di sekitar Jalan Dipenogoroo, Gedung Sate dan dilakukan pada Minggu (30/7/2023).

Untuk acara AAF, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud), dan Kepolisian sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Selama Asia Africa Festival akan ada penutupan jalan di sebagian Jalan Asia Afrika, Jalan Braga Pendek dan juga Jalan Sukarno. Adapun titik jalan yang ditutup adalah:

1. Jalan Asia Afrika dari simpang Tamblong depan Hotel Pranger hingga Jembatan Asia-Afrika
2. Jalan Braga Pendek
3. Jalan Sukarno

Ada Asia Africa Festival dan Pocari Run, Ini Ruas Jalan yang DitutupDok. Humas Pemkot Bandung

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Koswara menuturkan, penutupan jalan dilakukan selama lima jam pada Sabtu besok mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Guna mengantisipasi kemacetan, puluhan petugas ditempatkan di sejumlah titik untuk mengatur kondisi arus lalu lintas, agar kemacetan tidak mengular.

"Kita sudah lakukan penempatan petugas untuk mengantisipasi dampak kepadatan lalulintas yang akan terjadi," kata Asep melalui siaran pers dikutip IDN Times, Jumat (28/7/2023).

1. Siapkan sejumlah kantong parkir bagi warga yang hendak datang

Ada Asia Africa Festival dan Pocari Run, Ini Ruas Jalan yang DitutupIDN Times/Galih Persiana

Dishub pun menyiapkan sejumlah kantong parkir untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas saat gelaran tersebut. Kantong parkir bagi pengunjung ke Asia Afrika Festival di Basemen Masjid Raya Bandung dan kawasan Cikapundung.

"Kami sudah siapkan di kedua lokasi tersebut, juga terdapat beberapa kantong parkir alternatif lainnya," ujar Asep saat dihubungi, Kamis 27 Juli 2023.

Selain itu, beberapa kantong parkir yang bisa dijadikan alternatif yakni gedung eks Palaguna.

2. Hindari waktu pagi berkendara di sekitar Gedung Sate pada hari Minggu

Ada Asia Africa Festival dan Pocari Run, Ini Ruas Jalan yang DitutupIDN Times/Istimewa

Event lari Pocari Sweat Run Indonesia yang memasuki tahun ke-10 pada 2023 ini akan digelar mengusung konsep hybrid yakni offline dan online (virtual).

Jadwal event lari Pocari Sweat Run Indonesia ke-10 tahun 2023 secara offline akan berlangsung di Kota Bandung pada hari Minggu tanggal 30 Juli mendatang.

Sejumlah ruas jalan di Kota Bandung yang menjadi rute lintasan peserta offline event Pocari Sweat Run Indonesia 30 Juli 2023 ini akan ditutup atau disterilisasi dari kendaraan.

Untuk menghindari kemacetan, masyarakat diimbau untuk sementara waktu menghindari kawasan di sekitar ruas jalan yang menjadi rute peserta lari Pocari Sweat Run Indonesia 2023.

Titik kumpul para runners peserta event offline Pocari Sweat Run Indonesia 2023 berada di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung dekat Lapangan Gasibu.

Sedangkan untuk event virtual, lokasi aktivitas lari peserta Pocari Sweat Run Indonesia ke-10 ini bisa dilakukan dimana saja sesuai kenyamanan.

3. Kegiatan Pocari Run selesai pukul 11.30 WIB

Ada Asia Africa Festival dan Pocari Run, Ini Ruas Jalan yang DitutupIDN Times/Istimewa

Melansir rundown event lari tersebut di Instagram Pocari Sweat Sport disebutkan para peserta mulai kumpul di Gedung Sate sekira pukul 04.00 WIB dan mulai berlari pukul 05.00 WIB. Sterilisasi ruas jalan yang akan menjadi rute lintasan peserta lari dilakukan panitia mulai pukul 04.30 WIB.

Dalam rundown event tersebut dijelaskan pula jadwal keseluruhan acara event lari ini akan berakhir pada sekira pukul 11.30 WIB.

Bagi peserta yang menuju lokasi menggunakan kendaraan pribadi, panitia menyiapkan empat titik lokasi parkir. Namun karena terbatas, para peserta disarankan naik transportasi umum ke Gedung Sate.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Wisata Bandung Pilihanmu, Member TXT Ini Cocok Jadi Partner Liburanmu

Baca Juga: 5 Tempat Makan Sate Legendaris di Bandung, Terkenal Lezat!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya