Comscore Tracker

Siap Maju di Pilpres 2024, Rizal Ramli Isyaratkan Ajak Firli Bahuri

Firli ditantang ungkap dugaan KKN putra Presiden Jokowi

Purwakarta, IDN Times - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyatakan kesiapannya maju dalam Pemilihan Presiden 2024. Ia pun membuka peluang untuk mengajak Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri.

Rizal terang-terangan menyampaikan kekagumannya kepada Firli saat mengisi diskusi di Kabupaten Purwakarta, Sabtu (22/1/2022). Ia mengaku cukup mengenal purnawirawan polisi berpangkat Komisaris Jenderal itu.

"Orangnya juga asyik, bahkan di luar dugaan saya. Tadinya dia habis ketika dikritik saat jadi Ketua KPK. Ternyata beliau setuju dengan presidential threshold nol persen," kata Rizal saat diwawancarai wartawan seusai acara tersebut.

1. Presidential threshold dituding picu korupsi kepala daerah

Siap Maju di Pilpres 2024, Rizal Ramli Isyaratkan Ajak Firli BahuriIlustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Rizal meyakini sebagai Ketua KPK, alasan Firli mendukung presidential threshold nol persen karena kebijakan itu bisa memicu praktek korupsi di Indonesia. "Dia mengerti bahwa kejahatan paling besar di Indonesia adalah korupsi politik," ujarnya.

Kepala daerah yang ditangkap karena melakukan korupsi itu juga dikaitannya dengan aturan pembatasan pencalonan atau presidential threshold. Karena itu, aturan presidential threshold nol persen diyakini bisa mencegah praktik korupsi.

2. Firli Bahuri ditantang periksa kasus dugaan korupsi Kaesang

Siap Maju di Pilpres 2024, Rizal Ramli Isyaratkan Ajak Firli BahuriTwitter.com/kaesangp

Meskipun demikian, Rizal mengaku belum sampai berkomunikasi secara khusus mengenai pencalonan mereka dalam Pilpres 2024. Ia mendorong Firli untuk membuktikan prestasinya dalam memberantas korupsi bersama KPK.

Bahkan, Rizal menantang KPK memeriksa kasus dugaan korupsi yang menjerat anak-anak Presiden Joko Widodo. "Termasuk Kaesang, harusnya periksa itu. Hebat pisan Kang Firli teh, saya ajak ke Jawa Barat nanti keliling Tanah Pasundan," katanya.

3. Rizal akan umumkan partai pendukung pada saat yang tepat

Siap Maju di Pilpres 2024, Rizal Ramli Isyaratkan Ajak Firli Bahuri(Mantan Menko Maritim Rizal Ramli) ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Mengenai persiapannya mengikuti Pilpres 2024 nanti, Rizal Ramli belum mau mengungkapkan partai yang akan mengusungnya. Ia mengatakan, saat ini proses komunikasi politik masih berjalan dengan sejumlah pihak.

"Surprise nanti cari momen yang baik (untuk mengumumkannya). Karena orang pilih presiden, pilih gubernur, itu pilih tokoh, bukan pilih partai loh jangan salah," kata Rizal Ramli, percaya diri dengan kemampuannya.

4. Masyarakat Purwakarta sedikit tapi bikin gaduh

Siap Maju di Pilpres 2024, Rizal Ramli Isyaratkan Ajak Firli BahuriAbdul Halim/IDN Times

Pada diskusi itu, Rizal menemui berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Purwakarta mulai dari tokoh ulama, aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat, hingga himpunan mahasiswa.

Menurut Rizal, masyarakat Kabupaten Purwakarta memang istimewa. "(Jumlah) rakyatnya tak sampai satu juta, tapi selalu bikin gaduh (kritis)," katanya, mengapresiasi.

Dari hasil diskusi tersebut, Rizal mengaku mendapatkan banyak keluhan dan masukan dari masyarakat. Ia mengklaim banyak di antara masyarakat yang menyatakan tidak puas dengan kinerja pemerintahan saat ini.

Baca Juga: Firli Bahuri: Anggaran KPK 2022 Rp1,3 Triliun, Naik Rp300 Miliar

Baca Juga: Rizal Ramli Cerita Pernah Perintah Luhut Turunkan Harga Minyak Goreng

Baca Juga: Serukan Lockdown, Rizal Ramli: Pemerintah Pelit kepada Rakyat

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya