Comscore Tracker

Purwakarta Raih Juara KB, tapi Ada Keluarga 12 Anak Hidup Susah

Bupati klaim jumlah keluarga seperti itu terus berkurang

Purwakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Purwakarta mendapatkan penghargaan Program Keluarga Berencana (KB). Ironisnya, masih ada pasangan suami-istri di Kecamatan Maniis yang tinggal bersama 12 anaknya di rumah tidak layak huni.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui keberadaan keluarga tersebut. Meskipun masih ditemukan pasangan yang memiliki 12 anak, Anne meyakinkan jumlah keluarga seperti itu terus menurun.

"Sepuluh tahun yang lalu di Kecamatan Plered ada keluarga yang memiliki anak sampai 15 anak," kata Anne, Rabu (9/3/2022). Pencapaian itu diklaim sebagai keberhasilan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB).

1. Bupati akui masih kesulitan meyakinkan masyarakat ber-KB

Purwakarta Raih Juara KB, tapi Ada Keluarga 12 Anak Hidup SusahDok Diskominfo Purwakarta

Kondisi yang memprihatinkan terlihat dari keluarga pasangan Dasep (49 tahun) dan Uju (40). Mereka tinggal bersama 12 anaknya di rumah panggung sederhana yang terbuat dari bilik bambu.

Kehidupan mereka semakin sulit setelah sang suami menderita penyakit stroke. Sehingga, ia tidak bisa bekerja sebagai kuli bangunan seperti sebelumnya hingga keluarga tersebut kini harus bergantung pada bantuan orang lain.

"Hal itu merupakan potret di mana sulitnya meyakinkan masyarakat untuk ikut dalam program KB," kata Anne, menanggapi keberadaan keluarga tersebut.

2. Kader program KB diminta tidak ada libur bekerja

Purwakarta Raih Juara KB, tapi Ada Keluarga 12 Anak Hidup SusahIlustrasi Keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan pasangan belum mengikuti program KB. Salah satunya, karena masyarakat tersebut memang belum mendapatkan informasi soal KB yang sejelas-jelasnya.

Karena itu, Anne mengintruksikan para kader program KB meningkatkan upayanya. "Para kader ini harus terus berusaha, tidak ada hari libur, mereka harus tetap melakukan KIE atau komunikasi, informasi dan edukasi," kata Anne.

3. Bupati sebutkan deretan prestasi DPPKB Purwakarta

Purwakarta Raih Juara KB, tapi Ada Keluarga 12 Anak Hidup SusahDok Diskominfo Purwakarta

Bupati menyebutkan pencapaian DPPKB Purwakarta saat ini ialah melampaui target peserta KB baru di atas 100 persen selama 2021. Mereka juga mendapatkan apresiasi Kampung KB terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat 2021.

Tak hanya itu, DPPKB Kabupaten Purwakarta juga mendapatkan peringkat kelima dalam capaian peserta KB baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Ditambah, peringkat keempat dalam capaian peserta KB baru Metode Operasi Pria (MOP) atau vasektomi.

"Tugas besar bagi DPPKB yaitu meyakinkan masyarakat dengan memberikan edukasi dan pengarahan terkait pentingnya program KB dan pemasangan alat kontrasepsi di tengah-tengah masyarakat," tutur Anne.

4. DPPKB Purwakarta klaim sudah berupaya maksimal

Purwakarta Raih Juara KB, tapi Ada Keluarga 12 Anak Hidup SusahIlustrasi Hari Kependudukan Dunia (iStock)

Sementara itu, Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat berdalih pelayanan DPPKB untuk masyarakat sudah maksimal. Pelayanan tersebut ditunjang dengan pelaksanaan kegiatan KB bergerak.

"Kita juga keliling ke (pemukiman) padat penduduk termasuk perusahan swasta. Kita juga akan coba untuk melaksanakan pelayanan KB," kata Yayat menyebutkan upaya yang telah dilakukan selama ini.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya