Jauhi Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Purwakarta Naik Signifikan

Minat belanja masyarakat perlu diarahkan ke produk UMKM

Purwakarta, IDN Times - Badan Pusat Statistik menyebut Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Purwakarta mencapai 5,24 persen pada 2022 lalu. Angka tersebut diklaim meningkat dibandingkan 2020 (-2,13 persen), 2021 (3,42 persen) bahkan sebelum pandemik COVID-19 pada 2019 (4,37 persen).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengklaim, kenaikan tersebut sebagai keberhasilan pemerintah daerahnya. “Ini menandakan (program kerja) semua sektor di Purwakarta itu berjalan beriringan," katanya, Senin (6/3/2023).

Ia menjelaskan, LPE sebagai salah satu indikator ekonomi makro yang menggambarkan seberapa jauh keberhasilan pembangunan suatu daerah dalam periode waktu tertentu. Menurutnya, indikator tersebut bisa dipakai untuk menentukan arah kebijakan pembangunan Purwakarta ke depan.

1. Kenaikan LPE diklaim melebihi target RPJMD Purwakarta

Jauhi Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Purwakarta Naik Signifikandata Pemkab Purwakarta

Anne menyebutkan LPE Purwakarta tahun lalu naik sekitar 1,82 persen dari tahun sebelumnya sebesar 3,42 persen. Menurutnya, peningkatan LPE kali ini cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Karena itu, Anne optimistis perekonomian di daerahnya akan terus membaik. "Angka 5,24 persen ini melebihi dari pada target RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun keempat di angka sekitar empat persen,” ujarnya.

2. Tingkat belanja masyarakat Purwakarta sedang tinggi

Jauhi Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Purwakarta Naik Signifikanilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Anne menilai LPE bukan hanya tentang nilai nominal, perputaran uang dan investasi. Namun, ada faktor lain seperti pembangunan Sumber Daya Manusia hingga pembangunan infrastruktur yang menjadi faktor pendukungnya.

Menanggapi kondisi tersebut, Praktisi dan Pengamat Ekonomi Purwakarta, Salman Al Farisi menyarankan pemerintah daerah memanfaatkan situasi saat ini. “Ruang usaha yang terisi secara kondusif dan minat belanja yang tinggi terasa saat ini di Purwakarta,” katanya.

3. Masyarakat diminta membeli produk UMKM lokal

Jauhi Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Purwakarta Naik SignifikanFacebook Anne Ratna Mustika

Menurut Salman, minat belanja masyarakat yang tinggi sebaiknya diarahkan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Konsumsi produk UMKM lokal akan meningkatkan manfaat LPE yang tinggi saat ini untuk meningkatkan perekonomian daerah,” ujarnya.

Karena itu, Salman berharap Pemerintah Kabupaten Purwakarta ikut mengarahkan masyarakat untuk membeli produk UMKM lokal. Salah satunya, dengan mempromosikan produk UMKM dan kebijakan lainnya.

Baca Juga: Polres Purwakarta Janji Kawal Distribusi Minyakita hingga Ramadan

Baca Juga: Temui IMI Jabar, Bupati Purwakarta Wacanakan Bangun Sirkuit

Baca Juga: Demi Ponsel, 5 Pelajar SMK di Purwakarta Bacok Korban di Jalanan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya