Comscore Tracker

5 Hal tentang Piala Presiden 2019 yang Resmi Dimulai Hari Ini

Dimulai hari ini di Bandung

Jakarta, IDN Times - Turnamen sepakbola Piala Presiden 2019 dimulai hari ini (2/3). Turnamen ini diawali dengan kick-off antara tuan rumah Persib Bandung melawan Tira-Persikabo. Turnamen ini sendiri menjadi ajang persiapan untuk klub peserta sebelum berlaga di kompetisi yang sesungguhnya pada Liga 1 2019.

Berikut sejumlah fakta menarik tentang Piala Presiden 2019 yang dikumpulkan IDN Times Sport.

1. Diadakan di 5 kota

5 Hal tentang Piala Presiden 2019 yang Resmi Dimulai Hari IniIDN Times/Galih Persiana

Ada 5 kota yang tercatat sebagai tuan rumah Piala Presiden tahun ini. Tiap kota menjadi stadion tempat masing-masing grup bertanding.

Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, menjadi tuan rumah untuk Grup A yang terdiri dari Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Perseru Serui, dan Tira-Persikabo.

Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, menjadi tuan rumah Grup B yang berisi Bhayangkara FC, Semen Padang, Bali United, dan Mitra Kukar.

Grup C akan bertanding di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, dengan klub yang bermain antara lain; PSIS Semarang, PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Kalteng Putra.

Stadion Maguwoharjo, Sleman, akan menjadi tuan rumah untuk Grup D yang berisikan PSS Sleman, Persija Jakarta, Madura United, dan Borneo FC.

Stadion Kanjuruhan, Malang, menjadi tuan rumah Grup E yakni Arema FC, Persela Lamongan, Persita Tangerang, dan Barito Putera.

Baca Juga: Kembali Jadi SC Piala Presiden, Maruarar Sirait Janjikan Transparansi

2. 20 klub bermain di turnamen ini

5 Hal tentang Piala Presiden 2019 yang Resmi Dimulai Hari IniIDN Times/Galih Persiana

Turnamen ini dikuiti oleh 20 tim sebagai peserta. Tim ini terdiri dari tim Liga 1 dan perwakilan dari Liga 2. Ke-20 tim dibagi ke dalam 5 grup yang akan melakukan pertandingan di 5 kota yang berbeda. Turnemen ini menjadi salah satu turnamen yang paling ditunggu sebagai ajang pra-musim jelang liga.

3. Jadwal main Piala Presiden 2019

5 Hal tentang Piala Presiden 2019 yang Resmi Dimulai Hari Ini

Piala Presiden 2019 akan dimainkan dua kali sehari. Setiap laganya akan ditayangkan pada pukul 15.30 WIB dan 18.30 WIB.

Pertandingan hari ini:

Sabtu, 2 Maret 2019

16.00 WIB, Persib Bandung vs PS Tira-Persikabo

19.00 WIB, Perseru Serui vs Persebaya Surabaya

4. Hadiah total miliaran rupiah

5 Hal tentang Piala Presiden 2019 yang Resmi Dimulai Hari IniIDN Times/Galih Persiana

Juara Piala Presiden 2019 akan mendapat uang tunai sebesar Rp3,3 miliar. Besaran hadiah ini sama dengan perolehan hadiah Piala Presiden 2018 lalu. Untuk runner up akan menerima Rp2,2 miliar , sedangkan untuk juara ketiga dan keempat akan menerima Rp750 juta.

Pencetak gol terbanyak akan mendapatkan penghargaan sebesar Rp150 juta. Pemain terbaik akan memperoleh Rp250 juta. Untuk pemain muda terbaik ada hadiah sebesar Rp150juta. Penghargaan untuk wasit terbaik juga diberikan sebesar Rp50 juta.

5. Match fee dan subsidi

5 Hal tentang Piala Presiden 2019 yang Resmi Dimulai Hari IniIDN Times/Galih Persiana

Pertandingan piala Presiden 2019 menyediakan biaya pertandingan bagi tiap tim yang bermain. Angkanya tergantung dari hasil per laga. Jika memenangkan pertandingan, setiap tim akan mendapatkan Rp125 juta, jika kalah mendapatkan Rp75 juta, sedangkan untuk hasil imbang memperoleh Rp100 juta.

Untuk tiap tim yang berstatus bermain tandang akan memperoleh subsidi transportasi sebesar Rp100 juta. Sedangkan tuan rumah diberikan Rp800 juta termasuk untuk anggaran menjamu tamu dari tim-tim yang berasal dari daerah lain.

Baca Juga: Persib Dipermalukan Tira-Persikabo di Laga Pembuka Piala Presiden 2019

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You