Survey Membuktikan Orang Indonesia Makin Sulit Ketipu Berita Hoax

Orang Indonesia makin rajin riset soal berita

Bandung, IDN Times – Budaya digital yang diukur melalui Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 mengalami peningkatan. Hal tersebut menjadi kabar baik, mengingat Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang tinggi di masa mendatang.

Pilar Budaya Digital (digital culture) mendapat skor 3,90 dalam skala 5 atau baik. Diikuti  Pilar Etika Digital (digital ethics) dengan skor 3,53, dan Pilar Kecakapan Digital (digital skill) dengan skor 3,44.

Sementara itu, Pilar Keamanan Digital (digital safety) mendapat skor paling rendah yakni 3,10, atau sedikit di atas sedang. 

Keempat pilar ini adalah pembentuk Indeks Literasi Digital yang diukur setiap tahun oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Untuk mengukur indeks ini, Kominfo bekerjasama dengan Katadata Insight Center (KIC).

Pengukuran Indeks Literasi Digital 2021 dilakukan melalui survei tatap muka kepada 10.000 responden dari 514 kabupaten/Kota di Indonesia. Responden adalah pengguna internet berusia 13-70 tahun. 

1. Apa saja yang terjadi dalam dunia literasi digital selama 2021?

Survey Membuktikan Orang Indonesia Makin Sulit Ketipu Berita HoaxSurvei Literasi Digital (IDN Times/Istimewa)

Panel Ahli Katadata Insight Center, Mulya Amri, mengatakan jika tahun ini Indeks Literasi Digital Indonesia berada pada skor 3,49 atau pada tahap sedang dan mendekati baik.

“Penggunaan empat pilar dalam pengukuran kali ini mengacu pada Roadmap Literasi Digital Indonesia 2020-2024 yang disusun Kominfo berdasarkan riset nasional sebelumnya, serta mengacu pengukuran serupa yang dimikili UNESCO,” kata Mulya Amri, dalam rilis yang diterima pada Kamis (20/1/2022).

Dibandingkan dengan Indeks Literasi Digital 2020, kata Mulya, diketahui ada peningkatan indeks (dari 3,46 ke 3,49). Perbaikan terjadi pada pilar Digital Culture dan Digital Skills, tapi ada penurunan pada Pilar Digital Ethics dan Digital Safety.

Mulya Amri menyebutkan pilar Keamanan Digital (digital safety) yang mendapat skor paling rendah perlu mendapat perhatian. Responden masih banyak yang belum mampu melindungi dirinya di dunia maya.

“Kami menemukan misalnya, masih banyak yang tidak menyadari bahaya dari mengunggah data pribadi,” ujar Mulya.

2. Memastikan upaya pemerintah terhadap sasarannya

Survey Membuktikan Orang Indonesia Makin Sulit Ketipu Berita HoaxData Penggunaan Internet di Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Direktur Jendral Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pengukuran indeks literasi digital ini selain berguna untuk mengetahu status literasi digital di Indonesia, juga bermanfaat untuk memastikan upaya peningkatan literasi digital masyarakat agar makin tepat sasaran.

“Kita ingin terus mempercepat dan mengawal terus tingkat literasi digital masyarakat, mengimbangi dengan perkembanan teknologi digital yang cepat dan makin strategis bagi kehidupan masyarakat Indonesia saat ini,“ kata Semuel dalam peluncuran Indeks Literasi Digital 2021 di Jakarta, Kamis (20/01/22). 

3. Orang Indonesia makin bijak untuk mengoreksi berita bohong

Survey Membuktikan Orang Indonesia Makin Sulit Ketipu Berita Hoaxilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain mengukur indeks literasi, survei ini juga menganalisis perilaku pengguna internet di Indonesia. Dalam survei, tercatat jika orang Indonesia mengalami peningkatan skill dalam menyaring berita palsu.

“Lewat survei ini, kami juga menemukan juga jika masyarakat saat ini mengalami peningkatan skill dalam mengklarifikasi berita bohong. Ini ditunjukkan dengan makin banyak yang rajin mencari melalui mesin pencari di dunia maya untuk mendapatkan kebenaran sebuah informasi,” ujar Mulya.

Analisis terhadap hasil indeks menemukan juga perlu ada upaya peningkatan literasi terhadap kelompok perempuan, kelompok berpendapatan rendah, yang berpendidikan rendah, serta yang telah berumur. 

Baca Juga: Jelajah Lanskap Digital Melalui Literasi Digital Netizen Fair

Baca Juga: Kominfo Gelar Puncak Program Literasi Digital Nasional

Baca Juga: Indonesia Makin Cakap Digital: Pentingnya Literasi Digital

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya