Comscore Tracker

HUT RI Ke-77, Batik Garuda Kencana Rilis Karya NFT untuk Amal

Untuk pertama kalinya Garuda Kencana rilis NFT, nih!

Bandung, IDN Times – Setiap orang punya caranya sendiri dalam memaknai dan mengapresiasi kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti halnya yang dilakukan Garuda Kencana, produsen batik premium yang populer di Indonesia, di mana punya cara sedikit beda dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-77 yang jatuh pada 17 Agustus 2022.

Berkolaborasi dengan TokoMall, Garuda Kencana baru saja merilis karya batik dengan medium digital dan diorbitkan dengan metode Non-Fungible Token (NFT). Kegiatan amal ini tidak hanya dilakukan oleh Garuda Kencana dan TokoMall, karena nyatanya TokoMall juga bekerja sama dengan TokoCare yang mendapat dukungan dari BenihBaik.

1. Garuda Kencana gambarkan industri metaverse Indonesia

HUT RI Ke-77, Batik Garuda Kencana Rilis Karya NFT untuk AmalGaruda Kencana rilis NFT berupa batik (IDN Times/Istimewa)

Kolaborasi karya NFT Batik dari Garuda Kencana dan TokoMall ini dilatarbelakangi dengan ide untuk menggambarkan metaverse di Indonesia. Yos Christian Addyputra, Founder sekaligus Owner Garuda Kencana Batik menjelaskan bahwa karyanya kali ini akan memuat unsur budaya dan sejarah Indonesia.

“Kami hadirkan tradisi budaya masyarakat serta bangunan sejarah Indonesia dengan sentuhan atribut NFT dan kripto dalam karya kolaborasi ini. Harapannya bisa relevan dengan pertumbuhan teknologi dengan mengenalkan nilai kebudayaan Indonesia melalui karya NFT yang sangat modern,” kata Yos, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (18/8/2022).

“Di sisi lain NFT juga lebih memberikan kepastian di sisi copyright bagi kreator,” tuturnya, menambahkan.

2. TokoMall ingin mendukung kreator Indonesia

HUT RI Ke-77, Batik Garuda Kencana Rilis Karya NFT untuk AmalIlustrasi NFT (IDN Times/Helmi Shemi)

Di sisi lain, Thelvia Vennieta, Head of TokoMall menambahkan, kolaborasinya kali ini masih satu semangat dengan misi TokoMall. Kehadiran perusahannya, kata dia, diharapkan dapat mendukung kreator sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia ke masyarakat luas.

“Seiring dengan semangat kemerdekaan, kolaborasi ini menjadi bagian dari misi kami mendukung kreator dan budaya Indonesia tampil di kancah global melalui platform NFT marketplace."

“Melalui koleksi ini, kami mengemas kekayaan budaya Indonesia dalam karya NFT yang dapat dikoleksi dengan harga terjangkau. Hasil kolaborasi ini juga akan diberikan kembali untuk komunitas seni melalui kegiatan amal yang bekerjasama dengan TokoCare dan BenihBaik," kata Thelvia.

3. Donasi akan diberikan pada para remaja di Bali

HUT RI Ke-77, Batik Garuda Kencana Rilis Karya NFT untuk AmalFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Imam Rosidin)

Mengusung semangat give back to community, TokoMall dan Garuda Kencana menjalankan konsep “NFT untuk donasi” di mana proses distribusi donasi akan bekerjasama dengan TokoCare (program CSR Tokocrypto) dan BenihBaik.

Hasil penggalangan dana ini akan digunakan untuk membantu komunitas anak-anak usia menengah ke atas di Bali untuk mendapatkan pelatihan lukis digital, pengenalan tentang NFT dan kripto, juga melakukan pameran karya mereka di TokoMall.

“Hasil dari koleksi NFT ini sepenuhnya akan diberikan kepada para talenta seni muda di Indonesia untuk belajar dan berkarya. Kami harap koleksi ini dapat diterima baik oleh masyarakat sehingga bisa bersama-sama membantu pemberdayaan komunitas,” tutur Yos.

Karya NFT ini merupakan koleksi pertama dari Garuda Kencana yang tersedia sebanyak 88 seri dengan nilai Rp250.000. Koleksi ini dapat diakses di platform TokoMall dalam kategori TKO Lifestyle.

Baca Juga: Tertarik dengan NFT? Ini Dia 4 Jenis NFT yang Bisa Kamu Kepoin

Baca Juga: Shanghai Optimistis jadi Kota Sentral Industri NFT

Baca Juga: 5 Perbedaan Batik Jogja dan Batik Solo, dari Warna hingga Motif

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya