Comscore Tracker

Polda Jabar Ikut Selidiki Kasus Azan 'Hayya Alal Jihad' di Majalengka

Kasus ini dinilai meresahkan warga Jawa Barat

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat akan melakukan penyelidikan terkait video viral sekelompok orang yang mengumandangkan adzan dengan menyelipkan 'Hayya Alal Jihad' di Majalengka, belum lama ini.

Dalam video yang beredar viral itu, terlihat tujuh orang mengumandangkan azan dengan membawa golok dan di sampingnya terdapat poster Rizieq Shihab. Berdasarkan informasi yang dihimpun, tujuh orang ini pun sudah meminta maaf dan membuat klarifikasi melalui media online.

1. Polda Jabar cari aktor penyebar video ini

Polda Jabar Ikut Selidiki Kasus Azan 'Hayya Alal Jihad' di Majalengka(Tangkap Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Meski sudah membuat pernyataan maaf, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan, saat ini penyidik Polda Jabar dan Polres Majalengka akan mencari tahu aktor dan penyebar video yang membuat gaduh masyarakat Jabar.

"Perlu ditekankan, penyidik ini akan menelusuri pertama siapa yang mem-viral-kan, kemudian yang kedua siapa yang menyuruh," ujar Erdi di Polda Jabar, Jumat (4/12/2020).

2. Pekan depan akan ada beberapa saksi yang dipanggil Polda Jabar

Polda Jabar Ikut Selidiki Kasus Azan 'Hayya Alal Jihad' di Majalengka(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia menegaskan, dalam kasus ini Polda Jabar tidak akan menindak tegas penyebar dan aktor yang memproduksi video itu.

"Jadi penyidik sedang melakukan penyelidikan dan Minggu depan ada beberapa orang yang akan kita panggil untuk klarifikasi terkait masalah kasus itu yang ada di Majalengka," ungkapnya.

3. Meski sudah meminta maaf kasus ini akan tetap didalami

Polda Jabar Ikut Selidiki Kasus Azan 'Hayya Alal Jihad' di MajalengkaKabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi Adrimulan Chaniago. (IDN Times/Bagus F)

Di sisi lain, permintaan maaf yang sudah dilakukan oleh tujuh orang ini tetap menjadi bahan pertimbangan oleh penyidik Polda Jabar dan Polres Majalengka.

"Jadi mereka yang melakukan azan itu sudah dilakukan interogasi dan sekarang sudah didalami juga oleh Polres Majalengka," katanya.

4. Semua keterangan akan ditampung terlebih dulu oleh penyidik

Polda Jabar Ikut Selidiki Kasus Azan 'Hayya Alal Jihad' di Majalengka(Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Saat disinggung tentang bagaimana keterangan tujuh orang itu saat diperiksa penyidik, Erdi tidak memberikan keterangan secara jelas. Ia hanya menyebut hal itu akan diselidiki terlebih dahulu.

"Itu nanti dahulu, penyidik akan mencari apakah ada yang menyuruh dan sebagainya, dicek handphone dan sebagainya. Jadi kita tunggu dahulu," kata dia.

Baca Juga: Polda Jabar Panggil Dirut RS UMMI dan Keluarga Rizieq Shihab Hari Ini 

Baca Juga: Jual Senpi Rakitan Online, Warga Tasikmalaya Ditangkap Polda Jabar

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya