Deklarasi Gibran Rakabuming Jadi Bacawapres Muncul di Jawa Barat

Gibran diharapkan bisa maju di Pilpres 2024

Bandung, IDN Times - Deklarasi Gibran Rakabuming Raka menjadi Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) mulai muncul di Jawa Barat. Salah satunya di Kota Bandung, relawan dari petani hingga para santri turut mendorong Wali Kota Solo itu maju untuk kontestasi Pilpres 2024.

Ribuan relawan santri hingga petani itu mengemas deklarasi dalam kegiatan Panggung Rakyat di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Selasa (17/10/2023). Ketua penyelenggara, Adhia Ahmad Turmudzi mengatakan, kegiatan sengaja digelar untuk Gibran Rakabuming maju di Pilpres.

"Salah satu alasan untuk menyelenggarakan kegiatan adalah untuk mendorong Mas Gibran Rakabuming Raka menjadi calon presiden atau pun wakil presiden," ujar Adhi di sela acara.

1. Gibran sudah memenuhi syarat aturan terbaru MK

Deklarasi Gibran Rakabuming Jadi Bacawapres Muncul di Jawa Barat(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dorongan Gibran untuk maju di Pilpres juga diperkuat dengan sudah keluarnya hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memastikan pemimpin muda yang pernah menjabat setingkat kepala daerah bisa maju di Pilpres 2024.

"Walaupun dari segi batas usia, hasil ketuk palu itu tetap 40 tahun. Tapi ada yang menyatakan bahwa ada pemimpin daerah atau legislatif yang memiliki potensi itu boleh (maju Pilpres)," ucap Adhia.

2. Siapapun presidennya Gibran harus jadi wakilnya

Deklarasi Gibran Rakabuming Jadi Bacawapres Muncul di Jawa Barat(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, Gibran merupakan sosok anak muda yang kini sudah terbukti beberapa kinerjanya selama memimpin Kota Solo (Surakarta). Di zaman Gibran angka kemiskinan juga menurun, untuk itu ia mantap mendukung Gibran di Pilpres 2024.

"Mau dipasangkan dengan siapapun, kami saat ini mendorong Mas Gibran menjadi bakal calon wakil presiden di 2024. Kami akan tegak lurus kepada Mas Gibran," katanya.

3. Deklarasi ini diklaim murni dari akar rumput

Deklarasi Gibran Rakabuming Jadi Bacawapres Muncul di Jawa Barat(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Adhia mengatakan, deklarasi ini digelar tanpa embel-embel organisasi atau kelompok manapun. Dia memastikan, ribuan masa yang datang berasal dari berbagai elemen, beberapanya ada dari petani hingga santri.

"Kami lebih fokus dari akar rumput, dari mulai UMKM, ibu-ibu pengajian, santri juga, terus dari petani, buruh, dan sebagainya. Dari setiap daerah untuk khusus di wilayah Bandung Raya," katanya.

Adhia berharap, jika Gibran Rakabuming terpilih menjadi Bacawapres maka fokus pengembangan di golongan anak muda harus bisa ditingkatkan. Sebab Indonesia saat ini mengalami bonus demografi.

"Jika menjadi wapres nanti akan mengakomodir kebutuhan generasi muda. Jadi anak-anak muda itu akan lebih berpeluang karena kalau kita punya pemimpin muda itu larinya lebih cepat, sprint-nya lebih cepat," kata dia.

Baca Juga: Baliho Prabowo-Gibran Muncul di Soloraya, Gibran Ngaku Solid di PDIP 

Baca Juga: Baliho Prabowo-Gibran di NTT Ternyata Tak Minta Izin ke Gibran

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya