Bey Targetkan Produksi GKG Capai 11 Juta Ton Hingga Akhir 2024

Target diberikan untuk swasembada pangan nasional

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan produksi gabah kering giling (GKG) bisa mencapai 11 juta hingga akhir 2024. Target ini diberikan agar Jawa Barat bisa swasembada pangan. Sejumlah persoalan pertanian pun kini tengah dipetakan.

Target ini juga muncul saat Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin rapat Ketahanan Pangan dan Produktivitas Pertanian yang dihadiri perwakilan Kementerian Pertanian (Kementan) RI di Aula Barat Gedung Sate, Kamis (18/4/2024).

"Targetnya tahun ini 11 juta ton (GKG), ini masih ada waktu sampai Desember kan ya insya Allah tercapai, kita ada juga digitalisasi untuk memantau perjalanan produksi pangan," ujar Bey usai rapat.

1. Jabar jangan lagi kesusahan soal beras

Bey Targetkan Produksi GKG Capai 11 Juta Ton Hingga Akhir 2024ilustrasi beras (freepik.com/jcomp)

Bey mengungkapkan, perbaikan tata kelola dan niaga menjadi hal krusial agar tidak ada lagi kelangkaan beras di tengah masyarakat, khususnya di wilayah Jawa Barat yang berstatus salah satu lumbung padi nasional.

"Jadi beberapa waktu kemarin kan sempat ada beras naik harga dan susah di berapa ritel. Nah itu kami pikir Jawa Barat sebagai lumbung padi kedua itu, kami berharap tahun ini kami perbaiki semuanya termasuk tata kelola, tata niaganya," katanya.

2. Bey minta bupati dan wali kota turun ke jalan

Bey Targetkan Produksi GKG Capai 11 Juta Ton Hingga Akhir 2024Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Penataan pun meliputi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di sektor pangan dan cadangan pangan. Bey optimistis target swasembada pangan bisa terealisasi seiring komitmen yang terjalin dari semua bupati dan wali kota di Jawa Barat.

Semua pihak sudah mengetahui beberapa tantangan yang harus dihadapi. Di antaranya adalah keberadaan sejumlah Irigasi yang rusak, kemudian ketersediaan pupuk hingga benih.

"Jadi para bupati wali kota turun ke lapangan yang nanti Pak Sekda saya tugaskan untuk memonitor tiap minggu permasalahan ini. Juga terkait dengan pompanisasi pak Menteri sudah mempersilakan Jawa Barat untuk berapapun kebutuhan ini kita penuhi untuk irigasi sebagai salah satu yang kunci dalam sawah," ujar Bey.

3. Pemerintah daerah siap menerapkan semua langkah untuk swasembada pangan

Bey Targetkan Produksi GKG Capai 11 Juta Ton Hingga Akhir 2024Ilustrasi petani di sawah (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Dihubungi terpisan, Pejabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan siap mendukung target Jawa Barat menjadi salah satu daerah Swasembada Pangan Nasional di 2024 ini. Dia memastikan akan menerapkan semua rencana untuk mencapai swasembada pangan.

"Kami Pemerintah Kota Bandung siap mendukung program kick off tersebut," singkat Bambang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman menyampaikan, berdasarkan Neraca pangan Provinsi Jawa Barat 2024 potensi produksi untuk beras mencapi 7,2 juta ton sedangkan kebutuhan Jabar adalah 6,8 juta ton.

"Artinya Jabar punya potensi surplus beras," katanya.

Baca Juga: MUI Jabar Soal Pungli Masjid Al Jabbar: Merusak Citra Masjid 

Baca Juga: ASN Pemprov Jabar Bolos Usai Cuti Lebaran Bakal Disanksi Tegas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya