Comscore Tracker

4 Kegiatan Produktif Ala Ibu-ibu di Bandung yang Keren Abis

Bercocok tanam sampai pelatihan virtual

Pandemi yang belum juga usai membikin semua kegiatan sosial menjadi terbatas, termasuk perkumpulan para ibu-ibu di tiap daerah. Mulai dari kegiatan mingguan seperti arisan, makan bersama, pengajian, dan kegiatan sosial lainnya, mesti dikonversi menjadi online. 

Namun pandemi bukan halangan untuk produktif bagi para ibu rumah tangga di Mekarsari, Kiaracondong, Kota Bandung Jawa Barat. Selain memasak dan mengurus pekerjaan rumah tangga, mereka memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang positif dan menghasilkan.

Yuk intip empat kegiatan produktif ala Ibu rumah tangga yang super keren dan patut diacungi jempol.

1. Bercocok tanam

4 Kegiatan Produktif Ala Ibu-ibu di Bandung yang Keren AbisSiti Fatonah IDN Times Jabar / produktifitas ibu rumah tangga di Bandung

Kegiatan bercocok tanam ini sedang ramai dilakukan oleh semua orang. Bukan sekadar hobi dan tren semata, kelompok ibu-ibu di Mekarsari ini justru bercocok tanam karena kebutuhan agar tetap produktif di tengah pandemi.

Para ibu-ibu mendapat pelatihan dan pengetahuan terlebih dahulu soal mengelola tanaman hidroponik oleh pihak Kios Argo yang bekerja sama dengan Wakaf Salman. Setelah paham mereka langsung menggelar praktik, mulai dari penyemaian benih sayuran, memindahkan, menyiram, hingga panen.

Hal yang tak kalah menariknya, hasil panennya bisa dijual kepada masyarakat sekitar. Sebelum benar-benar menjualnya, tentu mereka menguji kualitas dan menyesuaikan harga.

2. Ternak ayam dan pelihara lele

4 Kegiatan Produktif Ala Ibu-ibu di Bandung yang Keren AbisSiti Fatonah IDN Times Jabar / produktifitas ibu rumah tangga di Bandung

Selain bercocok tanam, kelompok ibu-ibu juga memiliki satu kadang ayam ukuran sedang yang berisi belasan anak ayam. Lokasinya masih di tempat yang sama yakni di area urban farming Mekarsari.

Setiap paginya, mereka ditugaskan untuk mengurus anak ayam secara bergiliran  sehingga kondisi anak ayam terkontrol. Selain ayam, warga pun memanfaatkan lahan untuk membuat kolam kecil untuk pelihara ikan lele. Jadi, para warga setempat semakin produktif setiap harinya.

3. Pengajian rutin untuk mempertebal iman

4 Kegiatan Produktif Ala Ibu-ibu di Bandung yang Keren AbisIlustrasi mengaji. unsplash.com/masjidmpd

Tentu saja, hidup tidak hanya terfokus pada dunia saja, bekal akhirat pun harus dipersiapkan. Para Ibu-ibu di sana selalu menyempatkan untuk menuntut ilmu di Masjid Al Idrisiyah Bandung.

Dalam kegiatan keagamaan satu ini, semua saling jaga dengan disiplin dalam protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan memakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.

4. Mengikuti trend menuntut ilmu via virtual

4 Kegiatan Produktif Ala Ibu-ibu di Bandung yang Keren Abisthegadgetflow.com

Jangan anggap ibu-ibu tidak paham soal tren masa kini. Mereka pun tetap melek media dan teknologi mulai dari sebagai pengguna media sosial untuk hiburan dan memperoleh ilmu.

Para ibu-ibu di sana rutin mengikuti kajian atau sharing secara virtual. Sebab, menuntut ilmu adalah milik semua orang tanpa pilih-pilih usia.

Keren kan? Ayo milenial jangan kalah produktif sama Ibu-ibu. Semangat dan tetap manfaatkan waktu luang dengan hal-hal positif lainnya!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya