Selain Miller's Girl, Ini Deretan Film Hubungan Terlarang Guru-Murid

Fantasi dan eksplorasi kreatif yang masih dianggap tabu

Film Miller's Girl yang dibintangi Jenna Ortega akan segera tayang di bioskop Indonesia mulai Februari 2024. Di film drama thriller romantis ini, Jenna Ortega beradu akting dengan aktor senior Marteen Freeman.

Mengangkat hubungan terlarang guru dan murid yang terlibat kisah romantis, membuat film Miller's Girl sempat menuai kontroversi. Tapi ternyata tidak hanya film Miller's Girl, yang mengangkat hubungan terlarang antara guru dan murid.

Penasaran? Berikut daftar film tentang hubungan terlarang guru dan murid yang kontroversial dan juga mengeksplorasi isu sosial serta pesan moral:

1. That's My Boy (2012)

Selain Miller's Girl, Ini Deretan Film Hubungan Terlarang Guru-Muridcuplikan film That's My Boy (dok. Columbia Pictures/That's My Boy)

That's My Boy bercerita tentang seorang guru SMA bernama Mary McGarricle (Susan Sarandon) yang terlibat skandal terlarang dengan muridnya, Donny Berger (Adam Sandler).

Akibat skandal itu, Mary justru dijatuhi hukuman penjara yang pada saat itu diketahui sedang mengandung. Film berdurasi 116 menit ini awalnya diberi judul I Hate You, Dad.

Kemudian diubah menjadi Donny's Boy sebelum akhirnya produser menetapkan judul That's My Boy. Di Rotten Tomatoes, kritikus menyebut That's My Boy sebagai film terburuk dan mendapat rating 3,8/10.

Film ini cukup kontroverseial karena mengesampingkan rudapaksa menurut undang-undang dan penelantaran anak. Akibatnya, film That's My Boy meraup 36,9 juta dolar di AS, yang gagal menutup anggaran 70 juta dolar sehingga mengalami kegagalan finansial.

2. The Piano Teacher (2001)

Selain Miller's Girl, Ini Deretan Film Hubungan Terlarang Guru-Muridcuplikan film The Piano Teacher (dok. MK2 Diffusion/The Piano Teacher )

Bagaimana jadinya jika seorang guru les piano memiliki hasrat terpendam kepada muridnya sendiri? Hal itulah yang dialami Erika Kohut (Isabelle Huppert) kepada Walter Klemmer (Benoît Magimel) di film The Piano Teacher.

Film asal Prancis-Austria ini bergenre thriller erotis yang ditulis dan disutradarai Michael Haneke. The Piano Teacher diadaptasi dari novel 1983 dengan judul sama karya Elfriede Jelinek, pemenang Penghargaan Nobel Sasta 2004.

Film yang sempat tayang di Festival Film Cannes 2001 ini penuh dengan unsur erotis yang membutuhkan kebijakan dari penonton. Sebab, The Piano Teacher berani menyinggung stereotip wanita tua yang mendobrak norma dan budaya pada zaman itu.

3. Miller's Girl (2024)

Selain Miller's Girl, Ini Deretan Film Hubungan Terlarang Guru-Muridcuplikan film Miller's Girl (dok.Good Universe/Miller's Girl)

Tayang Februari 2024 ini, Miller's Girl menampilkan chemistry antara Jenna Ortega dan aktor senior Marteen Freeman yang disebut kontroversial.

Selain usia keduanya yang terpaut 31 tahun, film ini juga menyuguhkan cerita kompleks tentang hubungan terlarang antara guru yang sudah beristri dan muridnya sendiri.

Murid dan guru itu terjerat interaksi tanpa batasan yang berbahaya. Tayang lebih dulu di Amerika, film Miller's Girl mendapat review buruk dari media Los Angeles.

Bahkan, beberapa kritikus menyayangkan akhir film yang terlalu cepat mengambil kesimpulan melalui dialog dari karakter utama. Namun, tidak menutup kemungkinan, jika di Indonesia film ini akan mendapat ulasan positif.

4. Your Tutor (2018)

Selain Miller's Girl, Ini Deretan Film Hubungan Terlarang Guru-Muridcuplikan film Your Tutor (dok.Apple TV+/Your Tutor)

Seperti judulnya, film drama thriller Your Tutor berfokus pada sesi tutoring yang justru meninggalkan fantasi liar pada seorang murid laki-laki.

Film asal Rusia ini dibintangi oleh Nataliya Vdovina dan Aleksey Sergeev sebagai pemeran utama. Jalan cerita Your Tutor bermula saat seorang murid berusia 17 tahun sedang mempersiapkan tes perguruan tinggi.

Karena membutuhkan seorang tutor, remaja tanggung itu pun mencari seorang guru di situs online. Sejak saat itu sesi pertemuan antara guru dan murid menjadi momentum yang penuh mendebarkan.

5. Dirty Teacher (2013)

Selain Miller's Girl, Ini Deretan Film Hubungan Terlarang Guru-Muridcuplikan film Dirty Teacher (Johnson Production Group/Dirty Teacher)

Film Dirty Teacher menampilkan konflik rumit siswa SMA yang mengetahui fakta bahwa pacarnya terlibat hubungan terlarang dengan gurunya.

Film yang menggabungkan genre thriller dan drama percintaan ini dibintangi Josie Davis, Kelcie Stranahan, dan Cameron Deane Stewart sebagai karakter utama cerita.

Dirty Teacher sendiri merupakan karya film yang ditulis oleh Barbara Kymlicka dan disutradarai oleh Doug Campbell.

6.  Before of Dawn (2019)

Selain Miller's Girl, Ini Deretan Film Hubungan Terlarang Guru-Muridcuplikan film Before of Dawn (Produksi ADF/Before of Daw)

Dalam film Before of Dawn, seorang guru bertemu dengan siswa bermasalah yang melewati batas. Sampai akhirnya, guru SMA tersebut berjuang antara menuruti hasratnya atau melakukan hal yang benar.

Di film ini Alana de Freitas beradu akting dengan Jared Scott yang terpaut usia tujuh tahun lebih muda darinya. Dalam ulasan Rotten Tomatoes, Before the Dawn meraih score 87 persen yang sebelumnya berhasil dinominasikan untuk Boston International Film Festival pada tahun 2019.

7. A Teacher (2013)

Selain Miller's Girl, Ini Deretan Film Hubungan Terlarang Guru-Muridcuplikan film A Teacher (MovieStation/A Techer)

Premis film A Teacher mengikuti kisah tentang hubungan terlarang seorang guru populer di sekolah menengah dengan siswa laki-lakinya yang berubah menjadi obsesi.

Film ini menampilkan akting Lindsay Burdge dan Will Inggris yang terpaut usia enam tahun.A Teacher sukses mendapat ulasan politif dari para kritikus film dan sempat dipromosikan dalam acara bergengsi Sundance Film Festival pada tahun 2013 lalu.

Berkat kesuksesannya, akhirnya film A Teacher didaptasi menjadi serial TV berjumlah sepuluh episode yang tersedia secara streaming di Hulu.

8.  Gabriel's Inferno (2020)

Selain Miller's Girl, Ini Deretan Film Hubungan Terlarang Guru-Muridcuplikan film Gabriel's Inferno (Passionflix/Gabriel's Inferno)

Akting Melanie Zanetti dan Giulio Berruti di waralaba film erotis Gabriel's Inferno sukses bikin penonton ikutan baper. Film ini adalah hasil adaptasi novel populer berjudul sama karya penulis anomin asal Kanada, Sylvain Reynard.

Plot cerita Gabriel's Inferno menggambarkan tentang ketertarikan dosen dan mahasiswa yang menjalin romansa mendebarkan. Gak banyak yang tahu kalau film Gabriel's Inferno ternyata berasal dari fiksi penggemar atau fan fiction film Twilight, lho.

Novel Gabriel's Inferno awalnya diterbitkan secara online dengan judul Universitas Edward Masen, yang diambil dari nama Edward Cullen di film Twilight.

Selain itu, film Gabriel's Inferno yang tayang di Passionflix ini versi novelnya berhasil muncul dalam deretan buku terlaris versi The New York Times.

Film dengan tema hubungan terlarang antara guru dan murid dapat menjadi sarana untuk mengeksplorasi berbagai isu sosial dan moral, meski masih dianggap tabu dan kontroversial.

Kendati demikian, penting untuk diingat bahwa film di atas hanyalah fiksi belaka dan perlu kebijakan dari penonton jika ingin menyaksikannya.

Baca Juga: Pengorbanan Kymberly Ryder di Film Bangsal Isolasi, Dijambak!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Erotis dengan Sentuhan Elemen Horor, Ada Saltburn!

Nanda Yuanita Photo Community Writer Nanda Yuanita

Assalam'alaikum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya