Comscore Tracker

4 Perkembangan Dunia Kripto Indonesia Sepekan Terakhir

Shiba di peringkat 12 aset kripto terbesar

Bandung, IDN Times – Berita keuangan cukup mengalami dinamika dalam sepekan terakhir. Mulai dari keuangan yang bersifat konservatif hingga aset kripto yang juga mengalami beberapa pergeseran.

Isu tentang Pandora Papers, misalnya, di mana berhasil menyita perhatian publik. Tak hanya itu, ada pula peningkatan tren Shiba, sebagai salah satu token kripto, yang juga menyita perhatian para pelakon aset kripto.

Apa saja yang terjadi selama sepekan terakhir?

1. Pandora Papers dan efeknya terhadap kripto

4 Perkembangan Dunia Kripto Indonesia Sepekan TerakhirIlustrasi Penerimaan Pajak. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kesepakatan rahasia serta aset tersembunyi milik sederet orang terkaya di dunia telah terungkap lewat data yang tertuang dalam Pandora Papers. Belakangan ini isu tersebut berhembus dan bikin heboh masyarakat, terutama setelah diterbitkan pada 4 Oktober 2021 oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

Sebanyak 11,9 juta data berhasil dihimpun. Sebagian besar di antaranya berbentuk dokumen yang berisikan paspor, laporan bank, deklarasi pajak, catatan pendirian perusahaan, hingga kontrak real estate.

Secara umum, dalam Pandora Papers dinyatakan sebagian besar aset dari orang-orang terkaya di dunia disembunyikan di daerah surga pajak (tax heaven) melalui mekanisme shell company. Pandora Papers mengungkapkan bagaimana cara kerja sistem keuangan bayangan di mana orang-orang terkaya di dunia menyembunyikan kekayaan mereka dengan maksud menghindari pajak.

Isu Pandora Papers menjadi peluang bagi para pelaku kripto dalam membuktikan privasi mereka. Seperti kata Pang Xue Kai, CEO Tokocrypto, yang memastikan bahwa urusan privasi adalah hal utama dalam berbisnis kripto.

“Kami menghargai kepercayaan pelanggan sebagai aset kami yang paling berharga, karena membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya untuk mendapatkan sebuah kepercayaan. Namun butuh selangkah untuk merusak kepercayaan tersebut dan bahkan seumur hidup untuk memperbaikinya,” kata dia, dalam rilis yang diterima IDN Times, Senin (11/10/2021).

2. Shiba merangsek ke peringkat 12 sebagai aset kripto terbesar

4 Perkembangan Dunia Kripto Indonesia Sepekan TerakhirKoin Shiba Inu (Sc: https://coinmarketcap.com/id/currencies/shiba-inu/)

Token meme Shiba (SHIB) semakin dipercaya oleh publik. SHIB menunjukkan peningkatan sebesar 385 persen dalam 7 hari terakhir yang membawanya ke peringkat 12 terbesar dunia menurut CoinGecko.

Dengan kapitalisasi pasar hampir 17 Miliar USD, SHIB berhasil melewati Chainlink (LINK), Litecoin (LTC), dan Uniswap (UNI). SHIB merupakan token yang dibuat oleh pseudonim dengan alias Ryoshi dan diluncurkan pada Agustus 2020.

Salah satu alasan yang memungkinkan terjadinya lonjakan harga SHIB tak lain dan tak bukan adalah cuitan di twitter dari CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Musk mengunduh gambar anjing Shiba Inu barunya, Floki yang menimbulkan antusiasme terhadap seluruh penggemar token SHIB hingga mendorong tagar #SHIB menjadi tren di Twitter.

Berdasarkan data dari Etherscan, pasukan pemegang SHIB kini melampaui angka 700.000.

3. BIDR menarik perhatian publik

4 Perkembangan Dunia Kripto Indonesia Sepekan TerakhirIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Selanjutnya, dari dinamika kripto Indonesia, BIDR mulai mencuri perhatian. BIDR merupakan aset kripto dengan nilai sebanding Rupiah. BIDR sendiri dapat digunakan sebagai pairing untuk ditukarkan dengan aset kripto lainnya.

Besarnya perhatian terhadap BIDR merangsang Tokocrypto untuk menggelar promo. Mereka memberi kesempatan untuk para penggunanya untuk dapat cashback 100 persen dalam bentuk TKO dengan melakukan trading menggunakan pairing BIDR.

Tidak hanya itu, akan ada juga kompetisi trading volume tertinggi dengan hadiah total hingga Rp2 miliar.

4. Ada CryptoHero Bot untuk bantu analisis investasi kripto

4 Perkembangan Dunia Kripto Indonesia Sepekan Terakhirgoogle

Baru-baru ini, Tokocrypto berkolaborasi dengan CryptoHero, platform bot perdagangan aset kripto berbasis cloud yang dapat melakukan trading selama 24 jam dalam sepekan di bursa kripto. Layanan itu diklaim sederhana dan intuitif untuk diatur dan dioperasikan oleh pemula kripto. 

Kolaborasi Tokocrypto dan CryptoHero menghadirkan berbagai kemudahan dapat dinikmati para user Tokocrypto, antara lain; materi dengan Bahasa Indonesia sehingga semakin mudah untuk dioperasikan oleh user, tersedianya pairing BIDR, serta memungkinkan user memiliki hingga maksimal 20 bot untuk masing-masing pairing atau transaksi.

Baca Juga: 10 Pemimpin Negara yang Disebut dalam Skandal Pandora Papers

Baca Juga: Apa Perbedaan Pandora Papers dan Panama Papers?

Baca Juga: 4 Jenis Penipuan Kripto dan Cara Menghindarinya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya