Comscore Tracker

Perputaran Uang di Jabar Selama Ramadan Ditaksir Capai Rp17,45 T 

Warga sudah bisa mulai menukarkan uang untuk THR  

Bandung, IDN Times - Bank Indonesia Jawa Barat memperkirakan perputaran uang selama Ramadan dan Idul Fitri 2021 mencapai Rp17,45 triliun. Angka ini naik empat kali lipat dibandingkan perputaran uang di bulan-bulan lainnya. Namun, kebutuhan itu di luar daerah Bogor, Depok, dan Bekasi.

Meski ada kenaikan, nilai tersebut mengalami penurunan sebesar 19,44 persen (yoy) dibandingkan kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri periode tahun lalu yang tercatat sebesar Rp21,66 triliun.

"Kami berkomitmen untuk memenuhi seluruh kebutuhan uang tersebut dalam kondisi layak edar dengan jumlah dan pecahan yang sesuai hingga ke pelosok wilayah Jawa Barat," kata Kepala Perwakilan ( KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat Herawanto ditemui di kantornya, Senin (19/4/2021).

Adapun pembagian kebutuan uang yakni untuk wilayah Priangan di luar Bodebek sekitar Rp12,21 triliun, Priangan Timur capai Rp2,05 triliun, dan kawasan Ciayumajakuning Rp3,19 triliun.

1. Siapkan 559 titik penukaran uang

Perputaran Uang di Jabar Selama Ramadan Ditaksir Capai Rp17,45 T Kepala BI Jabar Herawanto (tengah) memberikan paparan tentang kebutuhan uang selama Ramadan di Jabar. IDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam upaya memenuhi kebutuhan uang selama Ramadan dan Idulfitri tersebut, Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat melakukan berbagai langkah seperti layanan penukaran uang kepada masyarakat hanya disediakan melalui loket di bank. Sedangkan layanan kas keliling ditiadakan.

Untuk menekan penyebaran COVID-19, BI di wilayah Jawa Barat bekerjasama dengan perbankan (Bank Umum dan BPR) telah menetapkan 559 titik layanan penukaran selama Ramadan 2021. Untuk daerah Priangan ada 362 titik, Priangan Timur 98 titik, dan Ciayumajakuning ada 99 titik.

"Layanan penukaran uang melalui loket bank sudah dibuka dari 12 April sampai 11 Mei 2021. Bank Indonesia telah berkoordinasi dengan perbankan agar dalam memberikan layanan penukaran uang dengan tetap menegakkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," kata Herawanto.

2. Manfataakan uang Rp75 ribu untuk THR sanak saudara

Perputaran Uang di Jabar Selama Ramadan Ditaksir Capai Rp17,45 T IDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, layanan penukaran wholesale, yaitu layanan penukaran kepada mitra strategis di daerah antara lain kepada lembaga, instansi, korporasi, Aprindo, Perbarindo dan jaringan perbankan.

Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Rp75 ribu dapat dilakukan melalui perbankan atau di seluruh Kantor Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat setiap hari kerja pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Disamping itu, untuk optimalisasi penggunaan nontunai guna mendorong penguatan ekosistem digital, Bank Indonesia juga menempuh beberapa langkah lain dengan seperti menyesuaikan biaya Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (RTGS) dan Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) dalam rangka efisiensi harga transaksi pembayaran.

Kemudian ada Paket Regulasi Kartu Kredit untuk menopang konsumsi melalui efisiensi dan kemudahan transaksi nontunai. Serta endukung elektronifikasi penyaluran bantuan sosial dan digitalisasi UMKM.

3. Uang baru lebih menarik untuk dibagikan saat Idul Fitri

Perputaran Uang di Jabar Selama Ramadan Ditaksir Capai Rp17,45 T IDN Times/Debbie Sutrisno

Salah satu warga yag menukarkan uang, Anisa Ananda Putri mengatakan, penukaran uang pecahan baru Rp75 ribu sangat membantu jelang perayaan Idul Fitri. Terlebih uang ini belum banyak dimiliki masyarakat.

"Bagus kan ini bisa buat koleksi juga untuk adik-adik pas jadi uang THR Lebaran," kata Anisa.

Wanita yang bekerja sebagai wirausaha ini menukarkan uang Rp75 ribu mencapai 200 lembar. Uang itu juga akan menjadi koleksi pribadi dirinya.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya