Ini Cara RD Tahan Imbang Kekuatan Persib Bandung di Kandang Sendiri

Bagi RD, Persib adalah salah satu tim kandidat juara liga

Bandung, IDN Times - Persib Bandung ditahan imbang 1-1 oleh tamunya, PS Tira Persikabo, di Stadion Si Jalak Harupat, Kota Bandung, Selasa (18/6) untuk Liga 1 2019. Menahan imbang tuan rumah, kata pelatih PS Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, bukan tugas mudah. Apalagi tuan rumah itu Persib Bandung.

Menurut RD, sapaa akrab yang diambil dari inisial nama Rahmad, Persib memiliki materi pemain yang lengkap. Di samping itu, ada pula suporter fanatik Persib yang bisa menekan mental pemainnya di Bandung.

Untuk itu, RD mengaku telah mengantisipasi semuanya dengan menyiapkan beberapa strategi. “Kepada pemain saya sudah ingatkan, sejak menit awal untuk bersedia hadapi tekanan dari pemain secara taktikal, juga dari penonton. Mangkanya hari ini memang anak-anak sudah sangat siap,” kata RD, kepada wartawan saat menghadiri jumpa pers pascapertandingan, Selasa (18/6).

Ada tiga hal yang membuat anak-anak PS Tira Persikabo mendapat jempol dari pelatihnya. Yang pertama, kata RD, ialah berhasil mempertahankan fokus meski pertandingan berlangsung sangat emosional.

Sementara itu dua hal lainnya ialah menjalankan organisasi permainan yang baik, dan memiliki pertahanan dan disiplinitas yang oke. “Saya rasa tidak ada hal lain yang istimewa yang saya berikan pada pemain. Saya hanya mencoba terus memotivasi, karena tanpa itu kami akan sulit melawan Persib Bandung di kandang mereka.

Dengan tiga hal tersebut, PS Tira Persikabo dapat membungkus gol di menit keempat pertandingan, lewat sepakan dalam kemelut Loris. Mereka unggul lebih dulu, dan membuat konsentrasi Maung Bandung goyah untuk melanjutkan pertandingan.

Gol akhirnya berhasil disumbang Persib lewat jasa bek asing Bojan Malisic pada menit 45+2. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

“Soal Loris, saya sengaja menurunkannya, karena kalau Loris tadi di depan akan jadi fokus untuk Bojan (Malisic) atau Jupe (Ahmad Jufriyanto) melakukan marking. Jadi hari ini diturunkan. Kami lakukan itu karena kekuatan Persib jauh lebih bagus ketimbang ketika main di Piala Presiden (2019),” kata dia.

Sementara itu kepada wartawan, Guntur Triaji memuji rekan-rekan setimnya karena dapat bermain dengan baik meski ditekan secara mental dengan status tim tamu. “Apalagi kami main di hadapan ribuan pendukung Persib. Mudah-mudahan pertandingan selanjutnya, PS Tira Persikabo bisa meraih kemenangan kandang,” tuturnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya