Ketika Atlet PB Djarum Borong Gelar Juara Piala Presiden 2022

Jateng memenangi Piala Presiden bulu tangkis perdana ini

Bandung, IDN Times - Kontingen Jawa Tengah meraih titel juara umum pada kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022 yang berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta, Sabtu (6/8). Sembilan gelar juara berhasil diborong, yang seluruhnya disumbangkan oleh atlet-atlet muda PB Djarum.

Aroma kemenangan memang sudah tercium sejak babak semifinal yang didominasi oleh skuad atlet Jawa Tengah. Di fase ini pula, tim kuat seperti Jawa Barat dan Jawa Timur tidak berhasil mengirimkan atletnya.

Selepas laga puncak, tim Jawa Tengah memastikan diri sebagai juara umum dengan sukses mengkoleksi 9 medali emas, 7 medali perak dan 12 medali perunggu. Sementara itu, DKI Jakarta membuntuti sebagai runner-up dengan raihan 1 medali emas, 4 medali perak dan 8 medali perunggu.

Selanjutnya, disusul Sumatera Utara di posisi ketiga dengan 1 medali emas. Terakhir ada Banten dengan raihan 2 medali perunggu.

1. Prabowo berharap Piala Presiden mengorbitkan calon-calon atlet dunia

Ketika Atlet PB Djarum Borong Gelar Juara Piala Presiden 2022Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (www.instagram.com/@prabowo)

Pemberian Trophy Piala Presiden diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, kepada Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf. Presiden Jokowi dikabarkan berhalangan hadir karena harus menutup pesta olahraga ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Selain mendapatkan Piala Presiden, kontingen Jawa Tengah juga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp250 juta rupiah.

“Dari kejuaraan ini kita harapkan tiga sampai empat tahun yang akan datang akan mewakili Indonesia di kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia.  Dan dalam kejuaraan ini dari 30 provinsi dan seperti yang kita tahu bersama Jawa Tengah keluar sebagai juara umum,” kata Prabowo dalam sambutannya, Sabtu (6/8/2022).

2. Kemenangan Jawa Tengah jadi tolak ukur

Ketika Atlet PB Djarum Borong Gelar Juara Piala Presiden 2022Ketika Atlet PB Djarum Borong Gelar Juara Piala Presiden 2022

Sementara itu Ketua Pengurus Provinsi PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, memuji perjuangan para atlet muda di atas lapangan yang berhasil membawa tim Jawa Tengah ke podium tertinggi dan menjadi juara umum.

Pada Piala Presiden 2022 ini, kontingen Jawa Tengah mengirimkan 66 atlet yang terdiri dari 55 atlet PB Djarum, 7 atlet Jaya Raya Solo, 3 atlet PMS Solo dan 1 atlet Tri Star Karanganyar.

“Pengprov PBSI Jawa Tengah berterimakasih kepada klub-klub yang telah menerjunkan atletnya dalam turnamen ini, terutama kepada PB Djarum dan Jaya Raya Solo yang telah menyumbangkan gelar juara,” tutur Basri, dalam siaran pers yang sama.

Ia pun mengatakan bahwa kemenangan para atlet muda di ajang Piala Presiden 2022 merupakan lecutan untuk berprestasi di ajang yang lebih tinggi lagi. Untuk itu, pembinaan atlet usia dini harus terus menerus dilakukan demi mengasah kemampuan, mental serta potensi para pebulutangkis muda.

“Kemenangan Jawa Tengah di Piala Presiden edisi perdana ini saya harapkan dapat menjadi tolak ukur agar tim Jawa Tengah bisa memenangkan turnamen lainnya. Jangan cepat puas, para atlet harus terus mengasah diri sehingga kelak bisa menjadi aset yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia,” ujar Basri.

3. Daftar atlet PB Djarum yang memenangi gelar juara

Ketika Atlet PB Djarum Borong Gelar Juara Piala Presiden 2022Ketika Atlet PB Djarum Borong Gelar Juara Piala Presiden 2022

Sementara itu, Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin menyatakan kemenangan yang dipersembahkan atlet muda PB Djarum bagi kontingen Jawa Tengah di Piala Presiden 2022 merupakan buah manis dari pembinaan atlet usia dini yang selama ini telah berjalan.

“Turnamen Piala Presiden 2022 ini memang menjadi ajang bagi para atlet yang telah kami bina untuk menunjukkan kemampuan mereka di atas lapangan.”

“Dan ternyata, mereka menjawabnya dengan prestasi. Tak hanya jadi juara umum, tapi kami juga melampaui target yang semula mengincar enam gelar juara, tapi berhasil membawa pulang sembilan gelar,” tutur Yoppy.

Berikut nama-nama atlet Jawa Tengah peraih medali emas di Piala Presiden 2022:

TAPA U13 : Alif M. Akbar

TAPI U13 : Aqelatul Amaliyah Rahma

TPA U15 : Radithya Bayu Wardana

GPA U15  : Muhammad Rizki Mubarrok/Raihan Daffa Edsel

GPI U15 : Jolin Angelia/Shaafiya Yasmin Maitsaa

TRA U17 : Moh. Zaki Ubaidillah

GRA U17 : Dapa Lesmana/Pulung Ramadhan

GRI U17 : Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma

GRC U17 : Darren Aurelius/Titis Maulida Rahma

Baca Juga: Gandeng Mahasiswa, Djarum Foundation Hijaukan Candi Dieng

Baca Juga: Tanding di Eropa, Belasan Atlet PB Djarum Diminta Gak Minder!

Baca Juga: Ini Rencana PB Djarum Bila Praveen/Melati Dicoret dari Pelatnas PBSI

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya