Pengunjung Masjid Raya Bandung Kini Bisa Nikmati Air Minum Gratis

Masjid Agung Raya terima bantuan mesin RO

Bandung, IDN Times - Masyarakat atau jamaah di Masjid Agung Raya Bandung kini bisa menikmati air bersih siap minum. Fasilitas ini setelah Perwakilan Wakaf Salman, Hijabfest, dan Famouscarf, salah satu brand hijab lokal di Kota Bandung menyerahkan bantuan mesin filterasi air kepada pengurus Masjid Agung Raya Bandung.  

"Semoga dengan dipasangnya wakaf mesin air minum di Masjid Agung Bandung ini dapat bermanfaat bagi warga bandung dan wisatawan. Kami harap para pengusaha berkolaborasi untuk memfasilitasi air minum gratis di sarana publik lainnya," ujar Mella Arianti, Owner dari Brand Hijab Famouscarf, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa(8/6/2021). 

1. Air bisa langsung diminum setelah melewati proses dari mesin reverse osmosis

Pengunjung Masjid Raya Bandung Kini Bisa Nikmati Air Minum GratisIDN Times/Istimewa

Mesin air siap minum yang diserahkan ini bernama mesin RO (Reverse Osmosis). Mesin RO merupakan mesin filtrasi air yang sumber airnya bisa berasal dari manapun. 

Air tersebut kemudian diolah sedemikian rupa sehingga siapapun bisa langsung meminumnya. Dengan adanya mesin air ini, pengunjung masjid ataupun jamaah sekitar hanya perlu membawa tempat minum kosong atau tumblr dan melakukan isi ulang air kapanpun mereka membutuhkannya. 

2. Air minum gratis ini bisa ditemui di kawasan Masjid Agung Raya Bandung

Pengunjung Masjid Raya Bandung Kini Bisa Nikmati Air Minum GratisIDN Times/Yogi Pasha

Famouscarf, salah satu brand ikut dalam kegiatan ini juga menjadi donatur utama pengadaan mesin RO di Masjid Agung Raya Bandung ini setelah berwakaf senilai 25 juta rupiah.  

“Kolaborasi ini saya lakukan dengan Wakaf Salman karena program yang dijalankan mengedepankan kebermanfaatan bersama dan luas yang Insya Allah penuh dengan berkah," kata Mella. 

Fasilitas air minum ini bisa dimanfaatkan masyarakat atau jemaah di salah satu sudut strategis Masjid Agung Raya Bandung. 

3. Masjid Agung menjadi salah satu yang diberikan fasilitas air minum gratis

Pengunjung Masjid Raya Bandung Kini Bisa Nikmati Air Minum GratisIDN Times/Yogi Pasha

Menurut Direktur Wakaf Salman M Khirzan N Noe'man, Masjid Agung Raya Bandung sendiri dipilih karena masjid ini termasuk masjid yang sering dikunjungi oleh masyarakat Jabar. Selain mobilitas tinggi di sekitar, masjid ini juga menjadi tujuan para wisatawan yang berkunjung ke Bandung.   

"Harapannya, kita bersama-sama bisa mengawal, mempromosikan dan membantu program Wakaf Mesin Air Minum seperti ini untuk terus disebarkan di titik-titik strategis Kota Bandung & Jawa Barat," katanya.

Dengan begitu, kata dia, Kota Bandung bisa selevel dengan kota-kota besar di luar negeri yang menyediakan air siap minum di sarana umum. Serta, manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Bandung maupun para pendatang/wisatawan yang datang ke Bandung.

4. Fasilitas ini sudah banyak dan bisa dimanfaatkan jamaah di sejumlah masjid

Pengunjung Masjid Raya Bandung Kini Bisa Nikmati Air Minum Gratissecondwindwater.com

Selaku inisiator pengadaan mesin RO, kata Khirzan, Wakaf Salman berterima kasih kepada Hijabfest dan Famouscarf. Mesin RO ini merupakan sumbangsih dari acara Indonesia Hijabfest, acara kolaborasi Wakaf Salman dan Hijabfest yang dilangsungkan beberapa waktu lalu di Bandung. 

Sebetulnya, menurut Khirzan, kehadiran mesin RO ini bukan yang pertama di Kota Bandung. Masyarakat, juga bisa menemui mesin ini di lokasi-lokasi strategis yang biasa dikunjungi oleh banyak jamaah seperti Masjid Al Lathif, Masjid Agung Trans Studio Bandung, Masjid Lautze 2 Bandung, dan lokasi lainnya yang telah terpasang mesin RO. 

Selain itu, siapapun yang berkunjung ke Bandung boleh menggunakan fasilitas ini. Seperti para wisatawan, pejalan kaki, maupun pengendara yang kadang kehausan di jalan. 

"Semua orang bisa meminum air dari mesin RO asalkan membawa tempat minum masing-masing, sehingga lebih aman dan nyaman mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir," paparnya. 

Akhirnya, kata dia, mesin air siap minum ini bisa tersalurkan atas dukungan berbagai pihak, khususnya para donatur dan wakif. Di antaranya, Hijabfest, Famouscarf, DKM Masjid Agung Raya Bandung, serta Umi Oded, para undangan dan rekan-rekan media yang telah turut hadir. 

Demi kebermanfaatan yang lebih luas, kata Khirzan, Wakaf Salman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berbagi informasi maupun berdonasi membantu sesama. "Masyarakat bisa bergabung di channel khusus yang disediakan oleh Wakaf Salman untuk mendapatkan kabar kajian, kuliah wakaf, ataupun kabar-kabar positif lainnya. Caranya, klik link https://t.me/wakafsalman yang akan terhubung dengan kanal Telegram," katanya.

Baca Juga: Puskesmas-Rumah Sakit di Bandung Dapat Bantuan Air Purifier dan APD

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya