Kisah Perempuan Muda Sukses Kembangkan Bisnis Sepatu Raitalexander

Sukses dengan rela mengorbankan waktu di saat remaja

Bandung, IDN Times - Menjadi pengusaha sukses tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak sekali tantangan dari sisi modal, waktu, tenaga, hingga pikiran untuk bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Karena memerlukan komitmen dan waktu yang ekstra, tak sedikit pengusaha sukses mengorbankan waktu mudanya untuk lebih fokus pada bisnisnya. Salah satunya adalah sosok Raita Syaumi Emira Rachman. Pada usianya yang tergolong masih muda, ia telah berhasil menjadi pengusaha sukses di bidang alas kaki.

Lalu bagaimana kisah sukses Raita dengan bisnis sepatu? Berikut cerita Raita mengejar mimpi menjadi perempuan muda sukses dengan bisnisnya.

1. Rela korbankan waktu bermain bersama teman demi usaha

Kisah Perempuan Muda Sukses Kembangkan Bisnis Sepatu RaitalexanderIDN Times/Istimewa

Salah satu faktor untuk berjuang menjadi pengusaha sukses adalah rela mengorbankan waktu. Sama seperti yang dialami Raita. Dia mengaku, telah banyak mengorbankan waktu remajanya dengan berbisnis sepatu dibandingkan kongkow dengan teman- temannya.

“Saya memulai bisnis sepatu sejak SMA kelas II. Saya rela mengorbankan waktu bermain bersama teman demi menjalankan bisnis sepatu ini,” katanya sembari mengenang.

2. Mulai bisnis di usia 16 tahun dan terus berkembang

Kisah Perempuan Muda Sukses Kembangkan Bisnis Sepatu RaitalexanderIDN Times/Istimewa

Bermula dari beberapa teman sekolah yang tertarik untuk membuat sepatu secara custom, bisnis sepatu milik perempuan kelahiran 27 tahun silam ini berkembang sangat pesat sehingga besar seperti sekarang.

“Awalnya membuat sepatu sesuai pesanan teman. Mereka bisa memesan sepatu sesuai model yang diinginkan. Lambat laun pesanan semakin banyak setiap harinya. Saya mencoba memberi nama brand Raitalexander agar memudahkan orang untuk mengingat sepatu buatanku sesuai nama pembuatnya,” ungkap Raita.

Setelah tiga tahun menerima pesanan sesuai selera konsumen, akhirnya pada 2013 Raita mencoba untuk membuat secara massal produksi sepatunya dengan desainnya sendiri. Ia pun mengaku optimistis produknya akan diterima dengan baik oleh masyarakat.

3. Manfaatkan media sosial untuk genjot promosi gratis

Kisah Perempuan Muda Sukses Kembangkan Bisnis Sepatu RaitalexanderIDN Times/Istimewa

Untuk meningkatkan penjualan, Raita mengaku menggenjot promosinya. Ia dibantu dua orang saudaranya dalam menjajakan produknya di media sosial dan mengikuti beberapa pameran fashion di beberapa kota di tanah air.

Ia bahkan menjamin bahwa sepatu brand miliknya, Raitaalexander Shoes, adalah sepatu brand lokal yang berkualitas tinggi namun dengan harga jual yang sangat murah

“Kita menjual di kisaran harga Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu. Kita bahkan pernah membuat promo penjualan sepatu seharga Rp 100 ribu dapat dua pasang,” katanya dengan tersenyum.

Pada tahun 2023 ini, brand Raitalexander Shoes akan memasarkan produknya untuk dimasukan ke beberapa toko di Tanah Air dan apabila ada kesempatan mengikuti exhibition di luar negeri . Raita berharap, kehadiran sepatunya di event tersebut akan membuat Raitaalexander Shoes semakin dikenal luas. Ia juga ingin membuktikan bahwa brand lokal Indonesia mampu bersaing di pasar internasional.

“Mudah-mudahan ada kesempatan untuk Raitalexander bisa mengikuti event di luar negeri, Tentu saja ini akan menjadi kebanggaan bagi saya. Brand lokal asli Bandung bisa menuju pasar global,” katanya.

Raita berpesan kepada para anak muda untuk terus berkarya dan menciptakan sesuatu yang baru yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Sebagai tambahan, ia juga menyarankan pada anak muda untuk fokus, tetap konsisten, serta mau menerima risiko apapun demi membangun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis sendiri.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya