Comscore Tracker

Kejar Herd Immunity, PKS Bantu Percepatan Vaksinasi 1.550 Warga Bandung

Desember, Kota Bandung optimistis kekebalan komunal tercapai

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung terus berkolaborasi untuk mengejar target herd immunity atau kekebalan komunal pada Desember 2021, nanti. Salah satu pihak yang ikut membantu percepatan vaksinasi COVID-19 adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bandung.

Dalam kegiatan tersebut Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Bandung menggelar vaksinasi massal untuk 1.550 masyarakat Kota Bandung, di Kiara Artha Park, Batununggal, Bandung, Minggu, (26/9/2021).

1. Kolaborasi partai politik, dinkes dan pihak swasta

Kejar Herd Immunity, PKS Bantu Percepatan Vaksinasi 1.550 Warga BandungIDN Times/Istimewa

Vaksinasi massal DPD PKS Kota Bandung tersebut digelar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Kiara Atha Park, dan juga dibantu DPC PKS Kota Bandung.

Ketua Umum DPD PKS Kota Bandung, Khairullah mengatakan, tujuan diadakannya vaksinasi massal sebagai ikhtiar mencapai kekebalan komunal (herd imunity).

"Tentu tujuan kita untuk menciptakan herd imunity, harapannya semakin banyak yang divaksin maka semakin cepat herd imunitynya. Disamping sebagai ikhtiar manusiawi kita, yakin Allah mendatangkan penyakit beserta obatnya, semoga ini menjadi wasilah kita sebagai tanda syukur atas potensi yang telah Allah berikan, untuk mencari jawaban atas ujian yang Allah berikan, termasuk pandemi ini," papar Khairullah.

2. Tetap taat dan patuh terhadap protokol kesehatan meskipun sudah divksin

Kejar Herd Immunity, PKS Bantu Percepatan Vaksinasi 1.550 Warga BandungIDN Times/Istimewa

Khairullah, atau yang lebih dikenal Pak Iyung, menghimbau kepada warga agar secepatnya melakukan vaksinasi, dan bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi, agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Saya menghimbau kepada warga Kota Bandung untuk melakukan vaksin, karena ini merupakan ikhtiar untuk sehat, terciptanya Kota Bandung yang sehat. Bagi warga yang sudah vaksin, bukan berarti kita bebas melakukan apa saja, tapi dengan vaksin ini kita sudah berikhtiar dan ikhtiar ini harus tetap dilanjutkan dengan menjaga protokol kesehatan. Kita jangan lengah, karena tetangga negara kita saya dengar kemarin seperti Singapura, Korsel (Korea Selatan), sedang tinggi lagi, artinya kita harus waspada," jelas Iyung.

Khairullah mengajak seluruh peserta vaksin dosis perdana agar terus melanjutkan ikhtiarnya di vaksin dosis kedua yang akan digelar DPD PKS Kota Bandung, 30 hari setelah vaksinasi hati ini.

"InsyaAllah vaksinasi di DPD ini sesuai dosis, artinya yang kita gunakan ini vaksin sinovac, artinya akan ada 2 kali dosis, dan ini yang pertama, insyaAllah 30 hari ke depan akan ada vaksinasi yang kedua. Saya menghimbau kepada warga yang belum vaksin, harap divaksin," kata Iyung.

3. Kolaborasi salah satu cara efektif melakukan vaksinasi COVID-19

Kejar Herd Immunity, PKS Bantu Percepatan Vaksinasi 1.550 Warga BandungIDN Times/Istimewa

Selain itu, Ketua DPW PKS Jawa Barat, Haru Suandaru mengapresiasi atas kolaborasi yang dijalankan DPD PKS Kota Bandung melalui vaksinasi massal tersebut.

"Pertama saya berterimakasih kepada seluruh DPD PKS Jawa Barat yang juga sudah menggelar di kantor DPD masing-masing, khusus untuk DPD PKS Kota Bandung bekerjasama dengan pihak swasta, dinas terkait melaksanakan vaksinasi ini. Ini contoh kolaborasi yang baik, semoga menjadi amal sholeh bagi kita semuanya dan masyarakat makin mencintai PKS. Ini salah satu bentuk nyata kepedulian Pks Kepada masyarakat dan membantu program pemerintah, agar masyarakat semua dapat vaksinasi, dan harapan kita agar masyarakat seluruhnya dalam keadaan sehat wal afiyat," ujar Haru.

Haru menegaskan bahwa vaksinasi bukan berarti bebas Covid, maka dari itu Haru mengajak kepada masyarakat agar terus berikhtiar melawan COVID-19.

"Vaksin itu ikhtiar, bukan pengumuman bebas COVID, jadi beda seperti ijazah sekolah SMA, kalo sudah dapat ijazah SMA gak usah sekolah SMA lagi ya. Jadi saya berpesan bapa/ibu yang sudah divaksin harus tetap jaga kesehatan, harus selalu menerapkan protokol kesehatan, berdoa kepada Allah SWT agar selalu disehatkan. Maka harus jaga prokes," papar Haru.

4. Target vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung sudah 80 persen

Kejar Herd Immunity, PKS Bantu Percepatan Vaksinasi 1.550 Warga BandungIDN Times/Yogi Pasha

Terkait capaian vaksinasi di Kota Bandung, Bandung telah mencapai di angka 80 persen, dan untuk mencapai target herd imunity Bandung harus melakukan vaksinasi sebanyak 1,9 juta warga.

Oleh karena itu, Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengajak bekerjasama, tidak hanya pemerintah Kota Bandung, pun masyarakatnya.

"Tidak hanya membutuhkan kebersamaan tapi juga kinerja yang luar biasa dari pemerintah Kota Bandung dan masyarakat Kota Bandung untuk mencapaj target," ujar Tedy.

Masyarakat dihimbau bagi yang belum melakukan vaksinasi agar segera mendaftar baik di kegiatan Vaksinasi massal, atau juga berkomunikasi ke puskesmas masing-masing yang secara kebijakan memang di Puskesmas yang melakukan vaksinasi rutin.

Tedy mencatat belum optimalnya vaksinasi untuk lansia di Kota Bandung, laporannya baru di kisaran 70 persen dari target awal di Bulan September harus 100 persen, sehingga kepada seluruh elemen masyarakat agar mengajak para lansia untuk divaksin. Bagi mereka (lansia) yang kesulitan dalam transportasi harap untuk dibantu, dimudahkan. Sehingga orang tua kita yang rentan terkena Covid-19 bisa terselamatkan.

5. Tips sehat ala Oded M Danial untuk masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi

Kejar Herd Immunity, PKS Bantu Percepatan Vaksinasi 1.550 Warga BandungIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Wali Kota Bandung dalam sambutannya membagikan tips sehat bagi peserta vaksinasi massal setelah melakukan vaksin.

Pertama, setelah vaksin dianjurkan untuk perbanyak makanan yang sehat, agar asupan vitamin tubuh kuat dalam menangkal virus COVID-19. Kedua, jika tidak ada kegiatan yang sangat penting, setelah shalat isya, agar cepat untuk tidur, agar tidur cukup dan cepat sehat.

"Lebih baik lagi jika bangun di sepertiga malam, dan melakukan shalat tahajud," papar Oded.

Ketiga, melakukan olahraga yang cukup, sehingga selalu bugar. Oded pun berpesan, setelah tips itu dilakukan juga jangan lupa ikhtiar dilengkapi doa.

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Anggota, PKS Jabar Gelar Pendidikan Politik Kader

Baca Juga: Siap Maju Pilgub Jabar 2024, Oded M Danial Tunggu Instruksi PKS

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya