Bisa-bisanya Pembangunan Taman Gagal Atas Penolakan PKL di Karawang 

Padahal pemkab sudah alokasikan anggarannya dalam APBD

Karawang, IDN Times - Taman Kota bisa berfungsi sebagai ruang terbuka hijau. Selain itu juga bisa mempercantik "wajah" kota. Karenanya sejak beberapa tahun terakhir hingga kini Pemkab Karawang gencar membangun taman kota.

Rencana pembangunan taman telah diagendakan pemkab. Bahkan sudah dialokasikan anggarannya dalam APBD Karawang.

Tapi rencana pemkab membangun taman di wilayah Tanjungpura, daerah sekitar Terminal Tanjungpura, perbatasan Karawang-Bekasi selalu gagal. Padahal sudah dialokasikan anggarannya dan sudah ada pihak ketiga yang akan melakukan pembangunan.

Ironinya kegagalan pembangunan taman kota di Tanjungpura akibat penolakan para pedagang kaki lima (PKL). Bagaimana kelompok PKL bisa memiliki kuasa dibandingkan Pemerintah Kabupaten Karawang untuk menolak pembangunan taman kota?

1. Dua Kali Gagal Dibangun

Bisa-bisanya Pembangunan Taman Gagal Atas Penolakan PKL di Karawang Mahendra

Kabid Pertamanan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PRKP) Karawang Novi Gunawan mengakui kegagalan rencana pembangunan taman kota di wilayah Tanjungpura.

"Kami sudah membuat konsep, trotoar ini menjadi ruang publik yang nyaman. Ada kursi taman, ornamen lampu, dan tanaman hias. Alokasi anggaran sudah dilakukan," ujarnya.

Meski sudah dikonsep dan dianggarkan, ia mengakui pelaksanaan pembangunannya selalu gagal. Sudah dua kali akan dilakukan pembangunan taman. Tapi selalu gagal karena ditolak PKL.

"Mereka (para PKL) menolak pindah dari trotoar," ujarnya.

2. Ingin sarana publik rapi

Bisa-bisanya Pembangunan Taman Gagal Atas Penolakan PKL di Karawang Istimewa

Kabid Pertamanan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PRKP) Karawang Novi Gunawan berharap agar para PKL menyadari tuntutan masyarakat yang menginginkan sarana publik yang nyaman dan tertata rapi.

Para PKL diminta pindah tempat jualan, sehingga pembangunan taman dapat dilaksanakan.

Novi juga berharap tidak ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari penolakan PKL atas rencana pembangunan taman di Tanjungpura.

3. Jadi sorotan DPRD Karawang

Bisa-bisanya Pembangunan Taman Gagal Atas Penolakan PKL di Karawang Mahendra

Komisi III DPRD Karawang menyoroti penolakan PKL atas rencana pembangunan taman kota di wilayah Tanjungpura.

Ketua Komisi III DPRD setempat Elivia Khrissiana menyayangkan hal tersebut. Ia mempertanyakan rencana pembangunan taman kota itu yang diduga minim sosialisasi. Sehingga mendapatkan penolakan dari PKL.

"Kami akan mempertanyakan hal itu kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Karawang terkait dengan hal itu," ujarnya.

Penolakan para pedagang kaki lima itu berpotensi mengganggu program pembangunan yang direncanakan pemkab.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya