Comscore Tracker

Sambut Dunia Kerja, Unjani Gelar Kuliah Umum Wisudawan Daring

Sandiaga Uno hadir jadi pemateri

Cimahi, IDN Times – Pandemik COVID-19 yang belum mereda membatasi sebagian aktivitas masyarakat, tak terkecuali bagi mahasiswa di lingkungan kampusnya. Maka itu, lewat layanan video conference zoom, Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) menggelar Kuliah Umum Wisudawan—dalam rangka Wisuda Daring 2021--pada 24 Februari 2021.

Pada 25 Februari 2021, Unjani akan menggelar Wisuda Daring periode Oktober 2020. Maka itu, pada kesempatan yang sama, deretan rektor Unjani mengucapkan selamat pada para wisudawan anyarnya di awal acara.

Wisudawan yang hadir berjumlah kurang lebih seribu orang. Mereka telah hadir secara daring sejak pukul 14.30 hingga acara berakhir pada 17.30 WIB. Bagaimana acara ini berlangsung?

1. Dihadiri Sandiaga Uno

Sambut Dunia Kerja, Unjani Gelar Kuliah Umum Wisudawan DaringMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau gerai cinderamata di Pantai Lumbanbulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu (30/12/2020). (Istimewa)

Pada acara tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadi salah satu pengisi kuliah dengan tema “Menyikapi Dunia Kerja di Masa COVID-19”. Dalam rilis yang diterima IDN Times, Unjani mengklaim bahwa para wisudawannya amat antusias mendengarkan materi sang menteri.

Sandiaga Uno dinilai berhasil memotivasi para wisudawan agar dapat menjadi sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif, meski dunia tengah diguncang pandemik. “Kekuatan ekonomi kreatif bertumpu pada sumber daya manusia. Sektor ekonomi kreatif tidak akan terferus perkembangan zaman, dan buktinya banyak juga kreativitas yang lahir di masa pandemik ini,” kata Sandiaga, dalam rilis yang diterima IDN Times Jabar, Rabu (24/2/2021).

2. Personal branding jadi hal yang penting untuk dimengerti

Sambut Dunia Kerja, Unjani Gelar Kuliah Umum Wisudawan DaringIDN Times/Bagus F

Tak hanya Sandiaga yang memberi bekal materi bagi para wisudawan Unjani, acara itu pun dihadiri oleh presenter televisi Brigita Purnawati. Bagi Brigita, salah satu hal yang wajib dimiliki para wisudawan sebelum menghadapi dunia kerja ialah personal branding.

Personal branding, kata dia, amat penting jika dikaitkan dengan daya saing SDM di dunia kerja yang begitu kompetitif. Maka itu, Brigita mengapresiasi langkah Unjani untuk memberi mahasiswanya bekal tentang personal branding sebelum betul-betul nyemplung di dunia kerja.

3. Wisudawan harus punya rencana jangka pendek dan panjang

Sambut Dunia Kerja, Unjani Gelar Kuliah Umum Wisudawan DaringIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Acara itu ditutup dengan materi dari Rektor Unjani, Hikmahanto Juwana. Ia memberikan semangat kepada para wisudawannya dengan menyampaikan bahwa pintu peluang kerja masih amat terbuka bagi para wisudawan Unjani.

Di sisi lain ia pun berharap para wisudawannya memiliki rencana untuk mewujudkan mimpi yang dimiliki hari ini. “Rencananya harus matang, lima tahun ke depan, bahkan sampai lima belas tahun ke depan,” tuturnya.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya