Kolaborasi Unik, Bagaimana Rasanya Perpaduan Burger dan Basreng?

Ide unik anak-anak Bandung memang gak pernah mati!

Bandung, IDN Times – Local brand Bandung gak pernah bosan bikin gebrakan. Kali ini di dunia kuliner, dua brand populer Bandung Got Beef dan Maicih bikin kolaborasi unik yang belum pernah dilakukan oleh merek lain.

Lewat kolaborasi yang baru saja diluncurkan ini, Got Beef yang menawarkan berbagai varian burger, memasukkan bakso goreng (basreng) Maicih sebagai teman menyantap burger. Dalam bundling product tersebut, basreng diposisikan sebagai pengganti daripada french fries yang umumnya menemani hidangan burger.

Bagaimana perjalanan kolaborasi hingga akhirnya mereka berani mengorbitkan menu unik ini?

1. Kolaborasi ternyata bisa terjadi tanpa sengaja

Kolaborasi Unik, Bagaimana Rasanya Perpaduan Burger dan Basreng?Got Beef x Maicih, kolaborasi antara burger dan basreng (IDN Times/Istimewa)

Pemilik Maicih, Bob Merdeka, mengatakan jika pada awalnya ia tak mengenal Abed Darmawan yang tak lain merupakan pemilik dari Got Beef. Keduanya bertemu gara-gara Bob sering makan di outlet Got Beef yang berdiri di Jalan Manado, Kota Bandung.

Suatu waktu, Bob bersama temannya menyantap burger Got Beef yang mana secara kebetulan Abed pun sedang nongkrong di sana. Ternyata, teman yang dibawa Bob memang telah mengenal Abed sebelumnya. Ia pun mengenalkan Bob kepada Abed, dan di sanalah percakapan di antara keduanya terjadi.

“Mulai dari sana, kami sering berdiskusi tentang gebrakan apa yang bisa dilakukan oleh dua local brand kuliner asal Bandung,” kata Bob, kepada wartawan di Bandung, Jumat malam (25/3/2022).

2. Burger yang dipadukan dengan basreng level 0 untuk market Jepang

Kolaborasi Unik, Bagaimana Rasanya Perpaduan Burger dan Basreng?Got Beef x Maicih, kolaborasi antara burger dan basreng (IDN Times/Istimewa)

Akhirnya ide unik dan berbeda itu muncul juga. Keduanya sepakat untuk mencoba mengganti peran french fries dengan bakso goreng Maicih yang memang telah populer sebelumnya.

Berbagai macam percobaan pun terjadi. Di tengah jalan, kata Abed, timbul masalah karena ternyata bakso goreng Maicih yang pedas tak cocok jika harus menggantikan peran french fries.

“Mangkanya saya bertanya, adakah basreng yang gak pedas? Ternyata Maicih punya, meski basreng level 0 ini hanya dipasarkan untuk market Jepang saja,” kata Abed, di tempat yang sama.

Dari sanalah mereka sepakat untuk memasangkan burger dengan basreng yang tak pedas sebagai pengganti kentang. Praktis, langkah ini pula yang membuat untuk pertama kalinya Maicih memasarkan produk ekspor di dalam negeri.   

3. Bagaimana rasa burger jika dipadukan dengan basreng?

Kolaborasi Unik, Bagaimana Rasanya Perpaduan Burger dan Basreng?Got Beef x Maicih, kolaborasi antara burger dan basreng (IDN Times/Istimewa)

IDN Times berkesempatan untuk mencicipi hidangan kolaborasi ini. Memang, di awal gigitan, burger dan basreng akan terasa asing di lidah. Namun lama-lama, rasa beef yang khas pada burger, dan sensasi ikan yang didapat dari basreng, dapat menyatu dengan sempurna.

Lagian, dengan harga tambahan Rp15 ribu (jika disantap di tempat) dan Rp20 ribu (take away) untuk tambahan Maicih, perpaduan burger dan basreng akan terasa lebih mengenyangkan. Dengan ongkos total plus burger sekitar Rp50 ribu, semuanya terasa worth-it!

“Kami punya target sendiri, sih, dan paket ini akan dicoba diluncurkan selama dua bulan saja,” kata Abed.

4. Produk kolaborasi bisa dinikmati di enam cabang Got Beef

Kolaborasi Unik, Bagaimana Rasanya Perpaduan Burger dan Basreng?Got Beef x Maicih, kolaborasi antara burger dan basreng (IDN Times/Istimewa)

Perkawinan antara hidangan ala barat dan basreng yang merupakan makanan tradisional, membuat kolaborasi di antara keduanya layak untuk dicicipi pecinta kuliner. Abed bilang, produk kolaborasi mereka dapat dinikmati di berbagai outlet Got Beef yang tersebar.

“Got Beef sebenarnya dimulai tahun 2019, dan sekarang sudah memiliki enam cabang. Di Bandung, Got Beef ada tiga cabang. Sisanya tersebar di Jambi, Surabaya, dan Sukabumi,” katanya.

Abed berharap kolaborasi antara Got Beef dan Maicih dapat menstimulus ide kreatif dari anak-anak Bandung. “Semoga local brand Bandung yang lain mulai menciptakan produk kolaborasi dan inovasi yang gak kalah keren,” tutur Abed.

Baca Juga: Coba Resep Burger Nangka Muda, yuk! Cocok Buat Menu Vegetarian

Baca Juga: Resep Basreng Pedas Daun Jeruk, Rasanya Nendang dan Teksturnya Kriuk!

Baca Juga: Pencinta Bakso Merapat, 5 Kreasi Olahan Bakso Lezat Kekinian

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya