Comscore Tracker

Direspons Positif, Taksi Terbang Bisa Keliling Gunung Anak Krakatau

Lengkapi pariwisata adalah permintaan konsumen

Bandung, IDN Times - Belum lama ini taksi terbang dengan rute Bandara Soekarno Hatta-Cilegon diluncurkan untuk mendukung mobilitas bisnis. Setelah beroperasi dan mendulang sentimen positif, pengelola jasa taksi terbang berencana untuk memperluas jangkauan, baik dalam sisi rute maupun pasarnya.

Rute taksi terbang Cilegon-Bandara Soekarno Hatta direncanakan bakal diperluas untuk kepentingan pariwisata. Pengelola bakal membuka rute baru untuk bisa terbang di atas Gunung Anak Krakatau.

Menurut Ruri Ilham, General Manager The Royale Krakatau (pengelola taksi terbang), pembukaan rute baru itu dilakukan guna merespons permintaan sektor wisata di Banten. Sejauh ini, taksi terbang milik Whitesky Aviation memang baru melayani rute Cilegon-Bandara Soekarno Hatta.

1. Tidak hanya untuk pariwisata

Direspons Positif, Taksi Terbang Bisa Keliling Gunung Anak KrakatauHelikopter di Cilegon (IDN Times/Istimewa)

Ruri mengatakan, kehadiran taksi terbang memang bisa mempersingkat waktu dalam berbagai urusan. Maka itu, kata dia, selain untuk pariwisata, taksi terbang juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya.

“Kami mau garap juga di sini potensi-potensi yang ada di Cilegon. Merak mungkin (punya) Gunung Krakatau, yang mana akan kami buatkan paket (wisatanya) sehingga berdampak pada pariwisata di Cilegon dan sekitarnya,” kata Ruri, dalam siaran pers yang diterima Jumat 3(6/2022).

“Selain digarap potensi bisnis yang memang ada di Cilegon, mungkin nanti kami ada layanan berbentuk seperti emergency untuk bencana alam: ambulans tapi versi taksi udara,” tuturnya.

2. Market sementara taksi terbang Cilegon-Bandara Soekarno Hatta adalah pejabat negara dan pebisnis

Direspons Positif, Taksi Terbang Bisa Keliling Gunung Anak KrakatauHelikopter di Cilegon (IDN Times/Istimewa)

Ruri mengatakan, sejak dibuka untuk publik pada Maret lalu, pengguna jasa taksi terbang didominasi oleh kalangan pejabat negara dan pebisnis.

Mereka menganggap kehadiran taksi terbang bisa mempersingkat waktu karena waktu tempuh Cilegon-Soetta hanya 25 menit, setelah sebelumnya perlu waktu 2 jam untuk mencapai Cilegon dari ibu kota via jalur darat.

“Kalau di kami, karena memang helipad-nya terletak di dalam hotel sendiri, jadi kegiatan di hotel ini banyak kegiatan maze. Di mana banyak juga para menteri yang dari Jakarta membutuhkan transportasi yang cepat. Jadi pas kami buka di sini, banyak juga yang menanyakan fasilitas ini,” ujar Ruri.

Di sisi lain, kata Ruri, fasiltias taksi terbang juga merupakan pendukung dalam konsep smart city yag tengah dikejar Cilegon.

3. Whitesky Aviation dukung perkembangan wisata di Banten dan Jawa Barat

Direspons Positif, Taksi Terbang Bisa Keliling Gunung Anak KrakatauSPESIAL. Whitesky Aviation menawarkan harga spesial lebaran untuk pemudik rute Jakarta-Bandung. Foto dokumentasi Whitesky Aviation

Sementara itu Direktur Bisnis Development dan Pemasaran Whitesky Avation, Ari Nurwanda mengatakan, pengguna jasa taksi terbang ini mayoritas adalah mereka yang hendak terbang menggunakan pesawat penumpang di Bandara Soekarno Hatta.

“Jadi semenjak launching bulan Maret lalu kami sudah menerima banyak permintaan Jakarta-Cilegon, Cilegon-Jakarta. Kebanyakan mereka adalah connecting airlane, jadi dari sini mau ke luar, masuk Jakarta dulu, lalu disambung dengan ground transportation-nya sampai ke airlane-nya, atau sebaliknya,” tuturnya.

Selain di Cilegon, pengguna jasa taksi terbang ini rute Jakarta-Bandung dan Jakarta-Cirebon mendominasi khususnya saat arus mudik Lebaran 2022 lalu. Ke depan, kata dia, taksi terbang ini akan dikembangkan untuk kepentingan wisata baik di Banten maupun Jawa Barat.

“Untuk di Banten kami melihatnya ada beberapa aspek yaitu bisnis, medis, lalu ada pariwisata. Tiga aspek ini kami coba sama-sama dengan KSP, The Royale, untuk dikembangkan,” ujar Ari.

Baca Juga: Taksi Terbang Tanpa Awak Segera Menghiasi Langit Jakarta!

Baca Juga: Taksi Terbang Diuji Coba, Kemenhub: Izinnya Butuh Proses Panjang

Baca Juga: Wow! Kawasan Industri Ini Punya Taxi Udara dan Ambulans Terbang

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya