Comscore Tracker

Warga Keluhkan Wifi Gratis di Taman Kota Bandung Tak Berfungsi

Ada 13 titik yang rusak dan tidak bisa digunakan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah meluncurkan program internet (wifi) gratis di 21 titik di sejumlah tempat umum termasuk taman. Sayangnya WiFi gratis tersebut sekarang tidak bisa digunakan kembali karena persoalan kabel optik yang rusak.

Rohman, salah satu pengunjung di Taman Foto yang kerap mengantar anaknya sekolah menyebut bahwa Wifi gratis tersebut hanya bertahan sekitar satu minggu setelah pemasangan. Hingga sekarang tidak ada lagi Wifi gratis di taman tersebut dari pihak manapun.

"Ya harusnya kan sudah diresmikan. Masa hanya satu minggu terus hilang," kata Rohman kepada IDN Times, Selasa (13/9/2022).

Selain di Taman Foto, IDN Times coba mengakses wifi gratis yang ada di Pet Park dan Taman Superhero. Hasilnya sama di mana akses internet dari Molecool tidak ada.

1. Fasilitas internet gratis di balai kota pun tidak maksimal

Warga Keluhkan Wifi Gratis di Taman Kota Bandung Tak BerfungsiGedung Balai Kota Bandung. IDN Times/Yogi Pasha

Sulitnya akses internet gratis dari penyedia serupa juga terjadi di Balaikota Bandung. Padahal Taman Balaikota menjadi salah satu dari 21 taman yang mendapatkan akses tersebut.

Dua alat router tampak terpasang di salah satu tiang di taman Balaikota Bandung. Namun, masyarakat yang ada di dekatnya tidak mendapat akses internet tersebut.

"Saya yang sering di sini pernah pakai sekali, tapi jaringannya lambat. Terus sekarang juga kadang ada kadang tidak. Internetnya kurang bagus," kata salah satu pengunjung taman yang enggan disebut namanya.

2. Penjaga taman banyak ditanya oleh masyarakat

Warga Keluhkan Wifi Gratis di Taman Kota Bandung Tak BerfungsiPribadi

Kondisi serupa terjadi di Taman Dago Cikapayang. Sebagai tempat yang dijadikan titik peresmian wifi gratis tersebut, nyatanya fasilitas tersebut tidak diakses masyarakat.

Salah satu pekerja taman, Ridho (bukan nama sebenarnya), menuturkan bahwa akses internet gratis di taman ini sudah lama tidak bisa digunakan. Dari informasi yang diterimanya, ada kabel optik terputus yang membuat akses internet di sejumlah titik tidak bisa digunakan.

"Setiap hari biasanya ada cek untuk pemasangan kabel. Tapi ya sudah terlalu lama juga. Warga yang sering datang dan tahu ada wifi gratis di sini suka nanya ke petugas, tapi memang internetnya tidak jalan sekarang," ungkap Ridho.

3. Janjikan bisa diakses kembali akhir September

Warga Keluhkan Wifi Gratis di Taman Kota Bandung Tak BerfungsiAkses wifi gratis di taman Superhero tidak bisa diakses. IDN Times/Debbie Sutrisno

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Yayan A Brilyana mengaku memang ada beberapa tititk wifi gratis yang tidak bisa diakses saat ini. Gangguan tersebut karena adanya pemindahan kabel saluran udara ke dalam tanah (ducting) di Kawasan Dago beberapa waktu lalu.

"Akhir September ini akan kembali berfungsi. Gangguan terjadi karena adanya pemindahan kabel," ujar Yayan ketika dihubungi.

Sebanyak 13 titik yang sempat tergangguyaitu di Taman Anggrek Superhero, Cibeunying Park, Pustaka Bunga, Lansia, Supratman, dan Taman Pramuka. Titik lainnya yaitu Taman Cempaka, Radio, Pet Park, Panatayuda, Cikapayang, Masjid Pusdai, dan Masjid Istiqomah.

Menurut Yayan, tahun ini Diskominfo Kota Bandung akan membangun 40 titik wifi. Sebanyak 21 di antaranya telah ada. Dari 21 titik wifi,sebanyak 13 di antaranya mengalami gangguan. Sedangkan sisanya masih berfungsi dengan sangat baik.

"Kami berharap, warga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Termasuk turut memeliharanya," imbau Yayan.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya