Warga Bandung Bisa Rasakan Hari Tanpa Bayangan Besok 

Yuk cek bayangan kamu ada atau tidak

Bandung, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat hari tanpa bayangan di Kota Bandung akan terjadi pada Rabu (11/10/2023). Peristiwa tersebut diperkirakan terjadi pukul 11.36,27 WIB.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, kulminasi utama atau disebut hari tanpa bayangan yaitu fenomena matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat sudut deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat maka fenomena yang muncul disebut kulminasi utama.

"Pada saat itu matahari akan berada tepat di atas kepala pengamat atau titik zenit. Akibatnya bayangan tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri," ucap dia, Selasa (10/10/2023).

1. Kondisi ini terjadi dua kali dalam setahun

Warga Bandung Bisa Rasakan Hari Tanpa Bayangan Besok (Ilustrasi hari tanpa bayangan) IDN Times/Faiz Nashirillah

Dia menyebut hari kulminasi utama disebut juga sebagai hari tanpa bayangan. Dengan kondisi Indonesia berada di sekitar ekuator, maka kulminasi utama akan terjadi dua kali dalam setahun.

Rahayu mengatakan waktu terjadi kulminasi utama tidak jauh dari saat matahari berada di khatulistiwa. Di kota-kota lain kulminasi utama terjadi saat deklinasi matahari terjadi pada lintang kota tersebut.

"Waktu kulminasi utama atau hari tanpa bayangan di Bandung terjadi 11 Oktober pukul 11.36,27 Wib," kata dia.

2. Hari tanpa banyakan beda setiap daerah

Warga Bandung Bisa Rasakan Hari Tanpa Bayangan Besok Unsplash/Pablo Heimplatz

Di Jakarta sendiri kulminasi utama terjadi pada 5 Maret dan 9 Oktober kemarin. Di Nusa Tenggara Timur terjadi pada Februari lalu hingga 5 April di Sabang dan Aceh dan 8 September di Aceh, Sabang dan 21 Oktober di Nusa Tenggara Timur.

3. Waspasa cuaca ekstrim

Warga Bandung Bisa Rasakan Hari Tanpa Bayangan Besok suaranusantara.com

Di sisi lain BMKG mengimbau masyarakat tetap jaga kesehatan di tengah cuaca ekstrim. Prakirawan Cuaca BMKG Bandung, Yan Firdaus mengatakan, cuaca di Bandung masuk kategori ekstrim karena suhu sudah mencapai 35,6º celsius, di mana angka tersebut telah lebih tinggi tiga derajat celsius dari pada akhir September yang berkisar di angka 30,3 º celsius.

"Ini sudah masuk esktrim karena sudah lewat tiga derajat. Sampai kapan? Ini tentu tergantung pada musim kemarau yang terjadi sekarang," kata Yan kepada wartawan, Senin (9/10/2023).

Dari data BMKG Bandung, dalam sepekan ke belakang suhu di Bandung masih alami peningkatan, di mulai dengan suhu 33,1 º Celsius pada 2 Oktober hingga puncaknya pada 8 Oktober di angka 35,6 º Celsius. 

Baca Juga: Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Bekasi, Warga: Kok Tegak Lurus

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya