Total Hewan Kurban di Jabar Diprediksi Capai 275 Ribu

Pastikan penyembelihan hewan berjalan benar

Bandung, IDN Times - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat (Jabar) Koesmayadie Tatang Padmadinata memprediksi tahun ini terjadi lagi peningkatan jumlah hewan yang dikurbankan. Dari data yang dihimpun setiap tahunnya hewan kurban di Jabar memang meningkat. Tahun lalu totalnya bahkan telah mencapai 260 ribu hewan yang terdiri dari kambing, domba, sapi, dan kerbau.

"Kita prediksi di atas 250 ribu ekor, mungkin 275 ribu ekor hewan kurban," ujar Koesmayadie di acara Jabar Punya Informasi (Japri), Kamis (1/8).

Rasa optimistis akan ada kenaikan jumlah hewan kurban dikarenakan perekonomian masyarakat Jabar tahun lalu naik. Hal tersebut kemungkinan akan berdampak pada naiknya proses jual beli termasuk pembelian hewan kurban. Di sisi lain, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut jumlah masyarakat miskin pun mulai berkurang.

1. Jabar datangkan hewan kurban dari daerah lain

Total Hewan Kurban di Jabar Diprediksi Capai 275 RibuIDN Times/Humas Bandung

Dengan prediksi total kebutuhan hewan kurban, Koesmayadie memastikan ketersediaan hewan justru berbanding terbalik, khususnya untuk kerbau dan sapi. Selama ini presentase hewan kurban di Jabar, yaitu 30 persen dari petani lokal dan sisanya dari luar Jabar.

"Ruminansia besar (sapi dan kerbau) kita kekurangan, kita masih 400 ribuan ekor sapi Jabar, kalau dikurbankan habis nanti. Jadi kita datangkan dari luar. Terutama Jatim dan Jateng, yang populasinya banyak," paparnya.

2. Ratusan dokter disebar untuk pastikan kesehatan hewan kurban

Total Hewan Kurban di Jabar Diprediksi Capai 275 RibuIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Barat, Pranyata Tangguh Waskita mengatakan, pihaknya telah menyebar sekitar 370 dokter hewan ke dinas peternakan di kabupaten/kota se-Jabar. Seluruh dokter hewan ini dilibatkan dalam pemeriksaan antemortem dan postmortem menjelang dan setelah penyembelihan.

"Untuk antemortem memastikan tubuh hewan tersebut harus sehat dan memenuhi syarat. Dari mulai bulu, temperatur badan, kotoran dan performanya," katanya.

Pranyata menuturkan, pada hari H Idul Adha atau Ahad 11 Agustus 2019 ini, sejumlah dokter hewan tersebut bakal menitikberatkan pada pemeriksaan postmorten. Mereka akan memastikan dan memberikan pemahaman kepada panitia kurban mengenai daging yang layak disebarkan kepada penerima kurban.

"Kita lihat mana yang ada perubahan, kalau ada organ yang tidak layak dimakan disingkirkan," katanya.

Baca Juga: Para Millennial, Yuk Kenali Hewan Kurban yang Layak Konsumsi

3. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika proses penyembelihan

Total Hewan Kurban di Jabar Diprediksi Capai 275 RibuIDN Times/Daruwaskita

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika proses penyembelihan hewan kurban. Salah satunya mencegah hewan tersebut mengalami stres yang akan berpengaruh kepada kualitas daging.

"Jadi hewan tersebut tidak boleh melihat temannya saat akan dipotong. Karena hewan ternak ini memiliki insting kesakitan," papar Pranyata.

Salah satu hal yang mesti dilakukan, kata dia, adalah menggunakan tirai untuk mencegah hewan lain melihat darah dari yang sedang disembelih. Bilamana hal tersebut tidak dilakukan, maka hewan kurban tersebut akan mengalami stres sehingga pengeluaran darah akan tertahan.

"Maka kualitas daging juga tidak akan baik, sehingga mempercepat pertumbuhan bakteri," katanya.

Menurut Tim PDHI, Arif Hidayat, mulai pekan ini, sudah ada pelepasan tim pemeriksaan tingkat Jabar. Yakni, berasal dari unit kesehatan hewan, lab kesehatan hewan, dibantu anggota perhimpunan dokter hewan, dan lainnya. Jumlah petugas yang melakukan pemeriksaan sekitar 800 orang. Namun, kabupaten/kota juga menerjunkan petugasnya.

"Jumlah yang melaksanakan kurban, semakin hari semakin banyak. Kalau tak di kelola dengan baik akan masalah," katanya.

Baca Juga: Pemakaian Besek untuk Daging Kurban Tenyata Bisa Meminimalisir Bakteri

Baca Juga: Mulia, Kecintaan Icik Mengantarnya Berkurban bagi Palestina Tahun Ini 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya