Tingkatkan Wisata Air, Pemprov Jabar Bakal Revitalisasi Waduk dan Situ

Pengerjaannya dilakukan tahun ini

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana melakukan perbaikan untuk sejumlah fasilitas penunjang air multifungsi seperti waduk dan danau (situ). Rencana perbaikan itu akan dilakukan mulai akhir September 2019.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar Linda Al Amin mengatakan, upaya ini juga sebagai salah satu langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) untuk menunjang wisata air juara. Adapun empat fasilitas ini adalah Sungai Kalimalang Kota Bekasi, Situ Rawakalong Kota Depok, Waduk Darma Kabuaten Kuningan, Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat.

"Mudah-mudahan peletakan batu pertama ini bisa terlaksana sesuai dengan rencana," ujar Linda dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kamis (19/9).

1. Perbaikan di Kalimalang akan dilakukan dalam dua tahap

Tingkatkan Wisata Air, Pemprov Jabar Bakal Revitalisasi Waduk dan Situinstagram/ridwankamil

Untuk penataan Kalimalang, rencananya bakal dilakukan dalam dua segmen yaitu wilayah utara dan selatan. Di mana wilayah utara meliputi sempadan yang berdekatan dengan jalan raya.

"Tahun 2019 ini kita bangun untuk wilayah utara. Mulai bangun sempadannya, yang semula tidak ada apa-apanya nanti kita tata," ucapnya.

Menurutnya penataan akan dilakukan seperti membangun taman, jalan setapak, monumen hingga 10 tiang bendera. Termasuk pagar pembatas antara sempadan dan saluran air.

Sedangkan untuk sisi Selatan, dia sampaikan, pembangunan akan dimulai pada tahun depan. Di daerah ini Pemprov Jabar akan membuat tempat permainan anak-anak, kolam dangkal bermain anak anak, ruang ngariung Padang rumput seperti di masjid agung di Koa Bandung dan tempat memandang dari tempat tinggi.

2. Pemprov Jabar bakal minimalisir limbah yang masuk ke Situ Rawa Kalong

Tingkatkan Wisata Air, Pemprov Jabar Bakal Revitalisasi Waduk dan SituIDN Times/Dhana Kencana

Sementara untuk pembenahan di Situ Rawa Kalong, Linda sampaikan, untuk tahun ini fokus pada pembangunan di luar badan air. Hal itu meliputi ruang terbuka, taman dan tembok penahan tanah.

Sedangkan tahun depan direncanakan membangun bangunan di atas badan air. Mulai amphitheater, panggung terapung hingga menata kios-kios.

"Di Rawa Kalong ini memang kondisi sampah tidak terlalu banyak, namun terdepat pencemaran dari industri yang membuang limbah ke situ. Karena itu, kementerian mewanti-wanti agar dapat mengatasi itu," paparnya.

3. Akan membangun jalan terapung di Waduk Darma

Tingkatkan Wisata Air, Pemprov Jabar Bakal Revitalisasi Waduk dan SituIDN Times/Yogi Pasha

Di Waduk Darma, Linda menambahkan, recananya bakal dibangun jalan terapung yang akan menjadi daya tarik bagi masyarakat. Nantinya para pengunjung dapat berjalan di atas air.

"Tahun ini kita bangun di atas badan air walaupun izin sudah sepaket semua. Mudah-mudahan tahun depan kita tidak terkendala dengan perizinan," kata dia.

4. Sampah di Situ Ciburuy masih mengkhwatirkan

Tingkatkan Wisata Air, Pemprov Jabar Bakal Revitalisasi Waduk dan SituIDN Times/Candra Irawan

Sedangkan di Situ Ciburuy, Dinas SDA Jabar menilai lokasi tersebut sudah memiliki sejumlah wahana seperti perahu termasuk tempat makan. Namun yang menjadi pekerjaan rumah dari pihaknya adalah mengatasi sampah yang cenderung menumpuk, khususnya di musim kemarau.

Tahun ini, pihaknya akan membangun sempadan situ, gerbang masuk, trotoar, lampu taman dan tanggul. Untuk gerbang masuk akan diberikan penanda dengan sebuah taman rumput, hak itu agar para pengunjung tidak tersesat saat hendak mengunjungi Situ Ciburuy.

"Kami kesulitan mendapatkan izin membangun di atas badan air karena pengelolanya adalah Kementerian PUPR. Jadi boleh dibangun oleh kota namun harus dipastikan kebersihan dan tidak tercemar. Sehingga itu menjadi tempat wisata yang nyaman," paparnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya