Ribuan Polisi Kawal Laga Persib vs Persebaya di Stadion GBLA 

Kedua tim butuh kemenangan untuk maju ke babak selanjutnya

Bandung, IDN Times - Polisi menerjunkan ribuan personel untuk mengamankan pertandingan kedua Piala Presiden Grup C antara Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya. Personel akan disebar di penjuru titik stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai bentuk antisipasi.

"(Jumlahnya) sama sejak awal. Kita siapkan ribuan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo, Jumat (16/6/2022).

Persib dan Persebaya saat ini memiliki poin yang sama yaitu satu dari hasil pertandingan pertama. Kemenangan dalam laga ini akan mempermudah kedua tim untuk lolos ke fase berikutnya.

1. Bonek diprediksi ramai datangi stadion

Ribuan Polisi Kawal Laga Persib vs Persebaya di Stadion GBLA Bonek saat mendukung Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam laga tersebut, bonek suporter tim berjuluk 'Bajul Ijo' diprediksi akan datang. Untuk mengantisipasi Bonek, polisi sudah menyiapkan skema.

"Giat (kegiatan) tambahan yang dilakukan oleh Polda Jabar, selain mempersiapkan pam (pengamanan), juga mempersiapkan lokasi tempat stay bagi pendukung Persebaya (Bonek) berupa tenda dua," tutur Ibrahim.

Polisi juga sudah menyiapkan antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas di sekitar stadion imbas kehadiran Bonek. Menurut dia, sudah ada dapur umum yang menyediakan makanan untuk para bonek.

"Juga disiapkan makan agar tidak timbul dampak lain dari kamtibmas," ujarnya.

2. Harap Bonek tak ganggu kenyamanan masyarakat

Ribuan Polisi Kawal Laga Persib vs Persebaya di Stadion GBLA instagram.com/kabar_bonek

Dengan adanya persiapan itu, sambung Ibrahim, pihaknya meyakini para Bonek tidak akan melakukan hal-hal yang mengganggu kamtibmas.

"Kita yakin bahwa dengan adanya penyiapan makan tersebut maka pendukung tersebut tidak akan melakukan hal-hal yang mengganggu Kamtibmas. Karena kebutuhannya sudah terpenuhi," kata dia.

3. Penonton diharap hindari titik yang retak Stadion GBLA

Ribuan Polisi Kawal Laga Persib vs Persebaya di Stadion GBLA Dok.IDN Times/Istimewa

Kondisi bangunan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) mendapat kritikan dari penonton yang menyaksikan laga Persib vs Bali United. Keretakan bangunan di berbagai sudut membuat penoton khawatir GBLA roboh.

Komisaris Persib Umuh Muchtar mengamini bahwa ada bagian fisik bangunan yang memang kurang baik seperti tembok atau pagar yang keropos. Dia mengimbau penonton yang hadir bisa menghindari daerah tersebut agar tidak ada hal yang merugikan.

"Jangan disentuh (pagar yang keropos). Tembok juga ada (yang retak) tapi jauh lah," kata Umuh ditemui di Kampus UPI, Senin (13/6/2022).

Dengan kondisi ini, Umuh mengajak penonton khususnya para Bobotoh agar tidak berada di tempat yang rusak. Mereka harus awas dan melihat kondisi sekitar agar terhindar dari bahaya.

"Ada yang retak tapi penonton tidak masuk ke situ dan akses sudah ditutup sama sekali," ujar Umuh.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya