Mudik 2023, Polda Jabar Mulai Siapkan Berbagai Skema Lalu Lintas

Kemacetan diprediksi terjadi di Pantura

Bandung, IDN Times - Polda Jawa Barat mulai bersiap menghadapi arus mudik lebaran 1444 Hijriah. Keberhasilan pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2022 lalu ingin diulang kembali tahun ini.

"Kami ingin mengulangi success story. Jawa Barat sebagai penentu, jalur baik arteri maupun jalan tol," ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, Rabu (29/3/2023).

1. Prediksi ada kenaikan 45 persen jumlah pemudik di Jabar

Mudik 2023, Polda Jabar Mulai Siapkan Berbagai Skema Lalu LintasPetugas gabungan bersenjata laras panjang dari satuan Brimob ikut bersiaga di GT Tol Cileunyi saat penyekatan larangan mudik 2021 (IDN Times/Aris Darussalam)

Pada 2022 lalu terdapat 85 juta warga yang melakukan mudik. Sedangkan pada lebaran 2023, diprediksi naik 45 persen atau mencapai 123 juta orang.

Polda Jawa Barat sendiri belum dapat memastikan angka pasti warga yang akan memenuhi Jawa Barat. Suntana menyebut langkah yang dilakukan agar arus mudik nanti berjalan lancar yaitu memastikan kondisi jalan arteri dan jalan tol bagus.

"Kami lakukan koordinasi, beberapa jalan akan selesai perbaikan seperti jembatan di Subang tanggal 12-13 (April 2023), buka jalur (tol) Cisundawu tanggal 15 (April 2023)," ungkapnya.

2. Berharap Tol Cisumdawu bisa digunakan ketika mudik

Mudik 2023, Polda Jabar Mulai Siapkan Berbagai Skema Lalu LintasTol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). (dok. Kementerian PUPR)

Tol Cisundawu pun diharapkan dapat memecah arus kendaraan pemudik dari arah Bandung ke Cirebon melalui Dawuan. Selain itu, polisi bakal memastikan jalur arteri dan memakai contraflow juga one way jika diperlukan.

"Kami akan memakai contraflow atau one way sehingga ada arus dialihkan ke arteri," katanya.

Kapolda melanjutkan, jika terlalu padat, arus mudik di wilayah timur akan diberlakukan one way dan dialihkan ke jalur arteri. Ia akan memastikan jalan arteri bagus dan penerangan memadai serta menurunkan petugas untuk berjaga di lapangan.

"Situasional (one way), tapi umumnya wilayah Karawang sampai Cirebon. One way kalau padat sekali," katanya.

3. Menteri Basuki pastikan Cisumdawu siap dipakai

Mudik 2023, Polda Jabar Mulai Siapkan Berbagai Skema Lalu LintasIDN Times / Istimewa

Senbelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bisa digunakan masyarakat untuk jalan alternatif mudik lebaran 2023.

Saat ini pengerjaan masih dilakukan dan ditargetkan rampung pada 15 April atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023.

Menurutnya, Tol Ciwsumdawu itu hampir selesai akhir-akhir ini, tetapi ada peristiwa longsor di seksi 5B yang menyebabkan penyelesaian terhambat.

"Makanya kami ada perbaikan konstruksi," kata Basuki ditemui di Bandung beberapa waktu lalu.

Dengan adanya longsor itu, menurutnya pembangunan jalan tol di ruas tersebut akan diubah menjadi jembatan. Karena, paket pembangunan lainnya di ruas Tol Cisumdawu sudah selesai.

"Saya inginkan sebelum Lebaran 2023 bisa dipakai untuk mudik bisa," kata Basuki.

Baca Juga: MenPAN RB: Penambahan Cuti Bersama Demi Kelancaran Mudik

Baca Juga: Ridwan Kamil Tinjau Jalur Mudik di Bekasi, Ada 71 Perbaikan 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya