Masjid Raya Bandung Siap Tampung 7.500 Jemaah untuk Salat Tarawih 

Beragam kegiatan keagamaan bakal diselenggarakan di masjid

Bandung, IDN Times - Masjid Raya Bandung kembali menyelenggarakan ibadah salat tarawih berjamaah di bulan Ramadhan 2022. Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, sejumlah kegiatan Islami bakal menyemarakan ibadah Puasa tahun ini.

Wakil Panitia Ramadan Masjid Raya Bandung Zainal Mustofa mengatakan, dengan relaksasi dari pemerintah untuk ibadah selama bulan Ramadhan, diprediksi bakal terjadi lonjakan jemaah yang akan melaksanakan ibadah.

“Persiapan Ramadan tahun ini tetap sesuai aturan pemerintah , hal-hal terkait prokes prosedur tetapi melihat antusiasme jemaah tahun ini kemungkinan tahun ini akan lebih semarak,” kata Zainal dihubungi, Jumat (25/3/2022).

1. Hanya berikan jatah 50 persen dari kapasitas

Masjid Raya Bandung Siap Tampung 7.500 Jemaah untuk Salat Tarawih Umat muslim melaksanakan shalat Idul Adha di alun-alun Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.

Meski ada pelonggaran aturan, Masjid Raya Bandung tetap mengikuti aturan yang ditetapkan Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung. Hal ini berkaitan dengan kapasitas masjid yang akan diberikan kepada jemaah saat pelaksanaan salat Tarawih.

Masjid Raya Bandung yang berkapasitas 15.000 jemaah, pada Ramadan tahun ini hanya akan menerima 50 persen dari kapasitas maksimal. Artinya, hanya 7.500 jemaah saja yang diizinkan melaksanakan salat ibadah di dalam masjid provinsi tersebut.

“Kalau normal untuk kapasitas, mulai dari ruangan utama dan lantai dua itu di 15.000 jemaah, biasanya kalau salat Jumat itu di sekitar angka 10.000, sudah mulai ramai,” terangnya.

2. Siapkan lagi program buka bersama dan takjil

Masjid Raya Bandung Siap Tampung 7.500 Jemaah untuk Salat Tarawih Dok. IDN Times

Selain itu, Masjid Raya Bandung akan kembali membuka program bukber dan takjil gratis bagi warga Bandung. Ini setelah dilakukan rapata tahunan yang digelar panitia ramadan Masjid Raya Bandung.

Menurutnya, setiap tahun banyak donator yang menyumbangkan makanan dan uang ke masjid ini untuk melaksanakan program takjil gratis selama bulan puasa. Sekitar 3.000 paket makanan dipersiapkan untuk warga yang akan melaksanakan ibadah di Masjid Raya Bandung.

“Kalau normal itu biasanya 3.000 paket makanan menjelang Maghrib buka puasa gratis untuk seluruh jemaah. Karena di sini banyak donator, titipan dari berbagai instansi, kodam, pemerintahan, mereka selalu menitipkan makanan,” terangnya.

3. Beragam kegiatan di bulan Ramadhan bakal diselenggarakan

Masjid Raya Bandung Siap Tampung 7.500 Jemaah untuk Salat Tarawih Kegiatan salat jumat berjamaah di sejumlah masjid Jakarta (Dok. Koordinator Gerakan Bangkit dari Masjid Arief Rosyid Hasan)

Menurut Zainal, kegiatan bagi-bagi takjil gratis ini akan menjadi yang pertama kali dilakukan Masjid Raya Bandung, setelah hampir dua tahun tak jalan. Masjid milik Pemprov Jabar ini pun sudah menyiapkan sejumlah kegiatan keagamaan, seperti kuliah tarawih, kuliah subuh, termasuk pesantren ramadan yang akan ditujukan bagi remaja.

“Insya Allah new normal, setelah dua tahun kami sepi, untuk ramadan tahun ini mudah-mudahan lebih semarak lagi dan bisa mengobati rasa rindu jemaah untuk betul-betul bisa memberikan kegiatan tahun ini,” imbuhnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya