Libur Panjang, Polisi Perketat Penjagaan Tempat Ibadah-Wisata Bandung

Yuk tetap waspada meski sedang liburan

Bandung, IDN Times - Kepolisian dari Polrestabes Bandung akan menambah personil untuk berjaga di tempat ibadah dan kawasan wisata saat libur panjang Idul Adha pekan ini. Pemerintah telah menerapkan libur tiga hari dari besok, Rabu (28/6/2023) hingga Jumat (30/6/2023).

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono memastikan, dia sudah menginstruksikan agar aparat dari jajaran Polrestabes mengamankan sejumlah titik wisata, jalur menuju kawasan wisata, maupun tempat ibadah.

"Karena di sini ada dua kegiatan agama, Salat Idul Adha yang dilaksanakan hari Rabu dan Kamis, dan itu kita siapkan kegiatan agama, termasuk untuk libur panjang," kata Budi, Selasa (27/6/2023).

1. Pengamanan dilakukan juga di pintu tol

Libur Panjang, Polisi Perketat Penjagaan Tempat Ibadah-Wisata BandungKemacetan jelang pintu keluar tol Pasteur, Bandung. (IDN Times/Istimewa)

Untuk titik awal pengamanan bakal diperketat di pintu masuk ke Kota Bandung seperti di pintu keluar tol. Selain itu beberapa daerah wisata seperti Jalan Asia Afrika, Dago, hingga jalan menuju Lembang jadi titik krusial.

"Yang pasti jumlahnya sesuai saja, tapi sudah jelas kit akan tingkatkan (personel) dari biasanya," kata dia.

Budi memastikan ingin memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam dan luar kota yang berada di Bandung agar mereka bisa nyaman dan aman saat berada di Kota Bandung.

2. Libur panjang tingkatkan perekonomian Bandung

Libur Panjang, Polisi Perketat Penjagaan Tempat Ibadah-Wisata BandungIlustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menyebut libur cuti bersama Iduladha pada 28-30 Juni 2023 dapat berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan ke Kota Bandung dan juga berpotensi menaikan pendapatan daerah.

"Lima hari ini (cuti bersama) akan terjadi hal yang cukup signifikan, karena kunjungan orang ke kota Bandung itu akan meningkat," kata Ema.

Menurutnya, akan ada kenaikan jumlah wisatawan selama libur Idul Adha mendatang. Ia memprediksi okupansi hotel juga akan meningkat saat libur panjang.

3. Minta dinas manfaatkan momen ini

Libur Panjang, Polisi Perketat Penjagaan Tempat Ibadah-Wisata BandungPengunjung mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan, Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020) (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Untuk itu, kata Ema, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung untuk dapat memanfaatkan momen tersebut, untuk dapat meningkatkan realisasi pendapatan daerah.

"Karena dalam 5 hari ini, kalau mau cek terutama hotel-hotel yang ada di kota Bandung, saya yakin itu akan terjadi peningkatan yang cukup signifikan," ungkapnya.

Baca Juga: Libur Lebaran 2023, Ragunan Tiadakan Hari Libur Satwa 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya