Comscore Tracker

Gerindra Jabar Deklarasikan Prabowo Maju Capres 2024

Sudah 12 provinsi yang mendukung Prabowo jadi capres 

Bandung, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Barat mendaklarasikan dukungannya agar ketua umum partai, Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Ketua DPD Gerindra Jabar Brigjen Purn Taufik Hidayat memastikan seluruh elemen partai di tingkat kabupaten/kota mendukung penuh agar Prabowo bisa maju dalam konstalasi politik tersebut. Desakkan itu kemudian dituangkan dalam kertas berisi kesepakatan yang sudah ditandatangani langsung oleh para ketua pengurus partai di kabupaten dan kota.

"Rapat koordinasi ini ingin menyampaikan ke Ketua Umum atau Dewan Pembina agar Pak Prabowo bersedia kembali maju sebagai Calon Presiden Republik Indonesia pada pemilihan umum 2024," kata dia di hadapan para kader partai di Hotel Intercontinental, Jumat (22/10/2021).

1. Seluruh DPC di Jabar siap dukung Prabowo

Gerindra Jabar Deklarasikan Prabowo Maju Capres 2024ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dalam kegiatan itu, turut hadir pula Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Adapun setelah menyampaikan kata sambutan, Taufik mengajak para kader membacakan ulang pernyataan sikap yang berisi empat poin dan diakhiri pekikan Prabowo Presiden 2024.

"Salam indonesia Raya," kata Taufik.

"Gerindra," ucap para kader partai.

"Prabowo?" kata Taufik.

"Presiden," ujar kader partai sambil mengepalkan tangan kanan.

Berikut ini empat poin pernyataan sikap yang dibacakan:

1. Siap memenangkan Pemilihan Presiden, Pemilihan Legislatif, dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024;

2. Siap menjadikan Partai Gerindra sebagai pemenang pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024;

3. Atas nama kader partai Gerindra se-Jawa Barat kami mohon Bapak Prabowo Subianto bersedia dicalonkan sebagai Calon Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden tahun 2024;

4. Bahwa kami segenap kader partai Gerindra Jawa Barat siap bahu-membahu untuk memenangkan bapak Haji Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia masa bakti 2024 sampai 2029;

Jumat 22 Oktober 2021.

2. Forum untuk pencalonan presiden belum dilakukan partai

Gerindra Jabar Deklarasikan Prabowo Maju Capres 2024IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Sufmi Dasco Ahmad sebagai Ketua Harian Partai Gerindra mengatakan bahwa deklarasi ini bukan berarti partai secara keseluruhan ingin menjadikan Prabowo sebagai calon presiden dalam pemilihan nanti. Namun, aspirasi dari setiap daerah nantinya akan dibawa ke tingkat pusat untuk dibahas dalam forum.

"Aspirasi ini kami terima dan akan kami sampaikan ke Gerindra pusat. Dengan desakan dari daerah akan forum untuk pencarian sosok presiden bisa terpengaruhi," ujar Dasco.

Meski demikian, rapat koordinasi seperti ini penting untuk konsolidasi agar Gerinda hadir selalu di tengah rakyat.

3. Sudah ada 12 DPD calonkan Prabowo sebagai presiden

Gerindra Jabar Deklarasikan Prabowo Maju Capres 2024ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Menurutnya, hingga saat ini belum ada forum resmi yang diselenggarakan Gerindra untuk mengumumkan siapa calon presiden yang bakal diusung. Namun, setiap daerah sudah mulai melakukan pertemuan dan rakorda seperti di Jbar.

"Terakhir kemarin saya datang ke Jatim sama mengusung Prabowo. Sudah ada 12 provinsi meminta Prabowo menjadi presiden," kata dia.

Dengan masukan dari DPD Jabar sebagai lumbung suara, Dasco optimistis keinginan para kader agar Prabowo maju sebagai calon presiden bisa terwujud.

Baca Juga: Gerinda Kota Bandung Ikut Dukung Prabowo Maju Jadi Capres 2024

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya