COVID-19 Masih Ada, Masyarakat Bisa Ikut Booster Gratis di Kimia Farma

Yuk segera dapatkan vaksin booster

Bandung, IDN Times - Virus corona (COVID-19) di Indonesia masih terdeteksi dan belum hilang. Penambahan kasus positif baru masih terjadi di tengah masyarakat.

Berdasarkan data Tim Satgas Penanganan COVID-19, per Kamis (4/5/2023), jumlah orang terkonfirmasi terpapar virus ada 2.417 orang . Hingga kini total akumulatif terdapat 6.782.048 orang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona yang menyebabkan Covid-19 di Indonesia.

Kasus sembuh pada hari ini ada penambahan 1.139 orang pada hari ini. Jadi sampai kini di Indonesia total akumulatifnya ada 6.603.711 pasien berhasil sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara itu, angka kasus meninggal dunia bertambah 32 orang pada hari ini. Di Indonesia total akumulatif sebanyak 161.384 orang meninggal dunia akibat virus Corona yang menyebabkan Covid-19 sampai saat ini.

Data update pasien COVID-19 di Indonesia yang disebabkan virus Corona tersebut terhitung sejak Rabu 3 Mei 2023 pukul 12.00 WIB hingga hari ini Kamis (4/5/2023) pada jam yang sama atau per 24 jam.

1. Percepat dapat booster COVID-19 agar badan lebih kebal

COVID-19 Masih Ada, Masyarakat Bisa Ikut Booster Gratis di Kimia FarmaTenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Untuk menambah kekebalan tubuh, masyarakat diimbau segera mendapatkan vaksin kedua atau booster. Kementerian BUMN melalui Yayasan BUMN saat ini menggelar vaksinasi secara gratis untuk booster Sinopharm. Program ini berlangsung hingga 30 Juni 2023 di pusat-pusat pelayanan Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) POLRI serta seluruh outlet Kimia Farma Laboratorium & Klinik di seluruh Indonesia, dan fasilitas kesehatan BUMN serta swasta lainnya.

Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyampaikan bahwa BUMN merupakan partner strategis pemerintah, berperan aktif membantu mempercepat vaksinasi booster COVID-19. Biofarma Group bersama BUMN lainnya turut mendukung Program Indonesia Bebas COVID-19 sesuai arahan Kementerian BUMN.

"Vaksinasi Sinopharm untuk masyarakat umum disiapkan pada di outlet-outlet Kimia Farma Laboratorium & Klinik (KF Diagnostika) dan Outlet Immunicare di 276 lokasi di seluruh Indonesia," kata Honesty.

Masyarakat yang berminat mengikuti Program Vaksinasi Sinopharm di cabang outlet Kimia Farma Klinik dapat sebelumnya melakukan registrasi melalui laman https://bit.ly/csrvgrkfd.

2. Siapkan 2 juta dosis vaksin

COVID-19 Masih Ada, Masyarakat Bisa Ikut Booster Gratis di Kimia FarmaVaksin buatan Sinopharm yang akan digunakan dalam vaksinasi di Peru pada Februari 2021. (flickr.com/Ministerio de Defensa del Perú)

Sementara itu,Ketua Yayasan BUMN Untuk Indonesia Harjawan Balaningrath menuturkan, untuk program vaksinasi ini sudah disiapkan lebih dari dua juta dosis vaksin Sinopharm. Kegiatan ini menjadi sebuah tanggung jawab perusahaan plat merah untuk
mempercepat tercapainya herd immunity.

"Sama halnya yang dilakukan diawal pandemik, kami melakukan vaksinasi melalui sentra vaksinasi. Ini dilakukan agar masyarakat mendapat kekebalan tubuh dan mencegah penyebaran sehabis libur panjang lebaran," papar Harjawan.

3. Indovac pun kini bisa jadi vaksin booster

COVID-19 Masih Ada, Masyarakat Bisa Ikut Booster Gratis di Kimia FarmaUji klinis tahap III vaksin indovac. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, PT Bio Farma telah menyelesaikan perizinan dari BPOM terkait penggunaan vaksin IndoVac sebagai vaksin lanjutan/penguat (Booster) bagi usia 18 tahun ke atas yang sebelumnya telah menerima vaksin primer Pfizer. Izin ini keluar usai Bio Farma berhasil mendapatkan persetujuan Emergency Use Authorization (EUA). Hal ini berdasarkan surat yang diterbitkan BPOM tanggal 21 April 2023 perihal perubahan obat INDOVAC.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan dengan didapatkannya EUA dari BPOM ini, menambah daftar penggunaan vaksin IndoVac sebagai booster untuk usia 18 tahun ke atas.

Sebelumnya Bio Farma telah mendapatkan EUA vaksin IndoVac sebagai booster bagi masyarakat usia 18 tahun keatas yang telah menerima vaksin primer dari Sinovac & Astra Zeneca, dan baru saja kami kembali berhasil mendapatkan EUA vaksin IndoVac untuk booster vaksin primer covid 19 dari Pfizer.

“Ini membuktikan bahwa vaksin IndoVac, hasil karya anak bangsa memiliki kualitas yang sejajar dengan produk global," kata Honesty melalui siaran pers, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga: WHO Update Rekomendasi Vaksin COVID-19, Gak Semua Orang Perlu Booster

Baca Juga: Bangun SDM Unggul, BUMN Ini Berikan 1.500 Vaksin Booster Gratis

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya